Maidi-Inda Raya Menang Tipis di Pilwakot Madiun Versi Penghitungan Bakesbangpol

Maidi dan Inda Raya (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
27 Juni 2018 19:45 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pasangan calon nomor urut satu Maidi-Inda Raya menang tipis dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Madiun dengan perolehan suara 38,60% atau sebanyak 38.478 suara. Sedangkan paslon nomor urut dua Harryadin Mahardika-Arief Rahman mengejar dengan perolehan suara 34,7% atau sebanyak 34.593 suara.

Sedangkan hasil sementara paslon nomor tiga Yusuf Rohana-Bambang Wahyudi mendapatkan suara 26,67% atau 26.666 suara.

Angka itu merupakan hasil sementara dari perhitungan cepat yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Madiun hingga Rabu pukul 19.07 WIB.

Data yang ditampilkan Bakesbangpol Kota Madiun sampai pukul 19.07 data yang masuk 98,06% dengan jumlah suara sah sebanyak 100.001 suara.

Kepala Bakesbangpol Kota Madiun, Bambang Subanto, mengatakan data yang ditampilkan Bakesbangpol ini merupakan hasil sementara perolehan suara pada Pilwakot Madiun. Untuk hasil resmi menunggu dari KPU Kota Madiun.

"Kami menempatkan petugas di seluruh TPS. Satu TPS satu petugas dari Bakesbangpol," jelas dia di kantor Bakesbangpol setempat.

Dia menuturkan metode penghitungan ini menggunakan metode caraka yaitu mengambil data dari setiap TPS yang ada di Kota Madiun. Jadi, perolehan hasil suara di setiap TPS yang sudah dihitung kemudian diterima sukarelawan Bakesbangpol dan kemudian diinput.

Bambang menilai hasil ini bisa dikatakan valid karena basis data dari rekapitulasi di setiap TPS. "Hasil ini tidak akan bergeser jauh [data KPU Kota Madiun]. Ini perhitungan real dari masing-masing TPS," terang dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya