3 Calon Ini Tak Punya Hak Pilih di Pilwakot Madiun

Tiga paslon Pilwakot Madiun menunjukkan nomor urut saat rapat pleno terbuka pengundian nomor urut di The Sun Hotel Kota Madiun, Selasa (13/2 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
26 Juni 2018 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Tiga calon wali kota dan calon wali kota Madiun tidak memiliki hak suara untuk memilih dalam Pilwakot Kota Madiun pada Rabu (27/6/2018) besok. Hanya ada tiga calon wali kota dan calon wakil wali kota yang berhak memilih dalam Pilwakot Madiun.

Tiga calon wali kota maupun calon wakil wali kota Madiun yang tidak memiliki hak suara di Pilwakot yaitu Haryadin Mahardika, Arief Rahman, dan Yusuf Rohana. Sedang calon wali kota dan calon wakil wali kota yang memiliki hak suara yaitu Maidi, Inda Raya, dan Bambang Wahyudi.

"Tidak semua calon baik wali kota maupun wakil wali kota yang ber-KTP Kota Madiun. Ada yang ber-KTP Surabaya, Jakarta, dan Sidoarjo," jelas Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Latutik Mukhlisin, Selasa (26/6/2018).

Latutik menyampaikan tiga calon yaitu Maidi, Inda Raya, dan Bambang Wahyudi memiliki hak suara dalam Pilwakot maupun Pilgub Jatim. Dalam catatan KPU, Maidi akan menggunakan hak suaranya di TPS 13 Kelurahan Nambangan Lor, Inda Raya akan menggunakan hak suaranya di TPS 13 Kelurahan Pandean, dan Bambang di TPS 10 Kelurahan Winongo.

Latutik menjelaskan Yusuf Rohana yang ber-KTP Surabaya dan Arief Rahman yang ber-KTP Sidoarjo tidak memiliki hak untuk Pilwakot, tetapi memiliki hak suara untuk Pilgub. Saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dua calon tersebut akan menggunakan hak pilihnya di Madiun atau tidak.

KPU Kota Madiun, lanjut dia, juga akan memfasilitasi keduanya dengan formulir A5 supaya tetap bisa menggunakan hak pilihnya. "Sedangkan untuk Mahardika karena KTP-nya Jakarta, sehingga tidak memiliki hak suara baik di tingkat Pilwakot maupun Pilgub Jatim," ujar Latutik.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto terdaftar di TPS 18 Kelurahan Taman, sedangkan Wakil Wali Kota Madiun Armaya akan menggunakan hak pilihnya di TPS 16 Kelurahan Taman. Ketua DPRD Kota Madiun Istono akan menggunakan hak pilihnya di TPS 11 Kelurahan Kanigoro. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya