8 Event Besar Meriahkan Perayaan Seabad Kota Madiun

Suasana Festival Pecel Pincuk di Jl. Pahlawan Kota Madiun, Jumat (22/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)..
24 Juni 2018 12:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Perayaan hari jadi ke-100 atau seabad Kota Madiun dimeriahkan delapan event besar mulai Juni sampai Juli mendatang. Salah satunya Festival Pecel Pincuk Madiun yang sudah dilaksanakan pada Jumat lalu dan berhasil memecahkan rekor Muri dengan jumlah sajian nasi pecel terbanyak.

Selanjutnya pada 29 Juni-15 Juli ada Pameran Hari Jadi Kota Madiun di alun-alun setempat. Pada Sabtu (21/7/2018) akan digelar Chatismatic Night Festival di Jl. Pahlawan mulai pukul 18.00 WIB.

Pagelaran seni ketoprak juga akan dilaksanakan pada 22 Juli 2018 di Lapangan Nambangan Kidul mulai pukul 19.00 WIB. Sementara kesenian jaranan digelar pada 24 Juli 2018 di Lapangan Kanigoro.

Festival Seni Pencak Silat di Alun-alun Kota Madiun atau GOR Wilis akan digelar selama tiga hari pada 25-27 Juli 2018. Terakhir pada 28 Juli ada pagelaran wayang kulit lima dalang dan 100 waranggono di alun-alun setempat.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, mengatakan satu abad bukan angka kecil bagi Kota Madiun. Untuk itu, melalui tema Seratus Tahun Lebih Maju Sejahtera dan Berbudaya diharapkan Kota Madiun bisa menjadi kota tujuan pariwisata dan kota jujugan para investor menanamkan modal.

"Peringatan satu abad Kota Madiun ini kami ingin mendeskripsikan semua potensi yang ada. Kota Madiun ini sudah maju, tapi kami ingin menjadikan kota ini menjadi tujuan wisata. Tentu dengan cara menggiatkan seni, budaya, dan potensi lokal," jelas dia, Jumat.

Sugeng mengatakan pada rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Madiun ke-100 akan mengundang seluruh mantan wali kota dan wakil wali kota Madiun serta kepala daerah se-eks karesidenan Madiun mulai dari Ponorogo, Ngawi, Magetan, Kabupaten Madiun, dan Pacitan.