Kota Madiun Rebut Rekor Sajian Nasi Pecel Terbanyak dari Blitar

Suasana Festival Pecel Pincuk di Jl. Pahlawan Kota Madiun, Jumat (22/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
22 Juni 2018 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Rekor sajian nasi pecel pincuk terbanyak sebelumnya dipegang oleh Pemerintah Kabupaten Blitar dengan jumlah 14.730 pincuk nasi pecel pada tahun 2016. Saat ini, rekor itu telah dipecahkan Pemkot Madiun yang berhasil menyajikan nasi pecel terbanyak yaitu 16.825 pincuk.

"Kegiatan Festival Nasi Pecel dengan menyajikan 16.825 pincuk nasi pecel yang digagas Pemkot Madiun secara resmi telah menumbangkan rekor sebelumnya dari Pemkab Blitar," kata Eksekutif Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Sri Widayati, kepada wartawan seusai menyerahkan piagam Muri kepada Wali Kota Madiun di Jl. Pahlawan, Jumat (22/6/2018).

Sri menuturkan pihaknya telah menyaksikan dan menilai kegiatan festival nasi pecel yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Madiun yang ke-100 tahun ini. Berdasarkan hasil penilaian, kegiatan yang melibatkan masyarakat untuk menyajikan nasi pecel pincuk ini telah menumbangkan rekor sebelumnya dari Kabupaten Blitar.

Tidak hanya menjadi rekor di Indonesia, kata dia, sajian nasi pecel dengan jumlah 16.825 pincuk ini juga tercatat sebagai sajian nasi pecel pincuk terbanyak di dunia. Rekor ini tercatat di Muri untuk rekor yang ke-8.476.

Sri menyampaikan sebelumnya beberapa rekor juga telah dipecahkan oleh Pemkot Madiun. Antara lain pameran gambar kodok terbanyak dengan jumlah 49.914 pada Februari 2006. Rekor lain yaitu pada November 2006, Pemkot Madiun juga memecahkan rekor dengan menempel gambar dengan tema kekayaan laut dari media daur ulang.

Selanjutnya pada 2007, Pemkot Madiun juga berhasil memecahkan rekor dengan rangkaian pembuatan sambel pecel terpanjang sekitar 1.200 meter.

"Pada tahun 2011, Pemkot Madiun juga telah memecahkan rekor sajian nasi pecel terbanyak yaitu 9.217 pincuk. Tahun ini Pemkot Madiun kembali memecahkan rekor itu lagi," terang dia.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi festival, belasan ribu pincuk nasi pecel yang telah disediakan itu langsung diserbu warga yang sudah menunggu di lokasi. Terlihat warga yang sudah membawa pincuk nasi pecel itu langsung mundur dan kemudian menikmatinya. Tidak sampai satu jam, belasan ribu pincuk nasi pecel ini pun ludes disantap warga.

Seorang warga Madiun, Sumiati, 50, mengatakan datang ke acara festival nasi pecel ini bersama keluarganya. Dia mengapresiasi kegiatan ini, apalagi kegiatan ini telah memecahkan rekor dunia.

"Bagus acaranya. Selamat juga karena bisa memecahkan rekor dunia," jelas dia.