Hujan 2 Hari Tak Merusak Tanaman Tembakau Bojonegoro

Tanaman tembakau (Bisnis/Dwi Prasetya)
22 Juni 2018 23:05 WIB Rohmah Ermawati Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro dalam dua hari berturut-turut tak memengaruhi kualitas tanaman tembakau yang sudah tertanam atau masih dalam proses pembenihan di lahan.

"Hujan tidak mempengaruhi tanaman tembakau juga tembakau di persemaian. Justru hujan mempermudah petani dalam mengolah tanah untuk menanam tembakau," kata Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Akhmad Djupari, di Bojonegoro, Jumat (22/6/2018).

Dia mengatakan para petani yang mengambil benih sertifikasi pada dinas pertanianan menanam tembakau Virginia Voor Oogst (VO) dan Jawa, secara serentak akhir Juni 2018.

"Adanya hujan justru menguntungkan petani yang baru mengolah tanah," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, tanaman tembakau yang ditanam akhir Juni, lanjut dia, tidak diguyur hujan ketika panen. "Rata-rata petani yang mengambil benih tembakau sertifikasi di dinas pertanian memperkirakan akan menanam tembakau akhir Juni," kata dia.

Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro, Imam Wahyudi, menambahkan saat ini sudah ada petani menanam tembakau baik Virginia VO, Jawa juga Virginia RAM, di sejumlah kecamatan, antara lain, di Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, Temayang, dan Ngasem.

"Kami belum melakukan pendataan secara pasti luas areal tanaman tembakau yang sudah tertanam. Kalau hanya perkiraan untuk tanaman tembakau yang tertanam ya sekitar 200 hektare lebih," ucapnya.

Pihaknya, lanjut Imam, juga sudah menerima laporan dari PT Gudang Garam yang akan melakukan pembelian tembakau pada musim panen tahun ini sebanyak 1.500 ton tembakau kering.

Sebelum itu, PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

Ia memperkirakan luas areal tanam tembakau Virginia VO, Jawa dan Virginia RAM musim tanam tahun ini mencapai 9.800 hektare, untuk mencukupi kebutuhan pabrikan.

"Kami optimistis tahun ini cuaca akan mendukung tanaman tembakau," ucap Djupari.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia