KPU Kota Kediri Musnahkan Surat Suara Rusak Sebelum Coblosan

Ilustrasi surat suara (Bisnis/Dwi Prasetya)
22 Juni 2018 21:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI -- Surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur rusak yang telanjur diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri akan segera dimusnahkan. Pemusnahan akan dilakukan sehari sebelum pencoblosan. 

"Nanti yang rusak dan ada kelebihan surat suara, akan kami musnahkan. Jadi, pada tanggal 26 Juni 2018, Selasa sore, sehari sebelum pencoblosan," kata anggota KPU Kota Kediri Wahyudi di Kediri, Jumat (22/6/2018).

Dia menyebut surat suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri ada 97 lembar yang rusak dan surat suara untuk Pilgub Jatim ada 113 lembar yang rusak.

Ia mengatakan pemusnahan itu akan dilakukan di Kantor KPU Kota Kediri dengan mengundang jajaran Kepolisian Resor Kota Kediri serta Panitia Pengawas (Panwas) Kota Kediri. Hal itu dilakukan untuk menunjukkan pemusnahan sudah sesuai dengan aturan.

"Surat suara yang rusak tersebut nantinya akan dimusnahkan dengan mengundang dari jajaran kepolisian dan panwas," katanya.

Terkait dengan logistik pilkada, Wahyudi menambahkan saat ini tinggal pengemasan. Kotak suara, menurut dia, masih berada di Kantor KPU Kota Kediri dan nantinya akan dikemas, diisi dengan seluruh logistik sebelum dikirimkan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Pengemasan logistik pilkada akan dilakukan mulai 23 hingga 25 Juni 2018 secara bergiliran setiap kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Pesantren, dan Mojoroto. Untuk pengepakan tersebut, juga melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Terkait dengan pengiriman logistik pilkada, kata dia, akan dilakukan sehari sebelum pilkada, yaitu pada tanggal 26 Juni langsung ke PPS. Nantinya, pada tanggal 27 Juni 2018, Rabu pagi, akan dikirim ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) dengan mendapatkan pengawalan ketat dari kepolisian.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri diikuti tiga pasangan calon, yakni Aizzudin/Sujono Teguh Widjaya, petahana Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar/Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, dan mantan wali Kota Kediri Samsul.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara