Pilkada Jawa Timur 2018: Megawati Ancam Pecat Pengurus PDIP Jika Gus Ipul-Puti Kalah

Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berbincang di panggung kampanye Gus Ipul-Puti di Lapangan Gulun, Kota Madiun, Kamis (21/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
21 Juni 2018 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menginstruksikan seluruh kader dan simpatisan PDI-P di wilayah Jawa Timur untuk memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputri pada Pilgub 2018.

Megawati juga mengancam akan memecat pengurus PDI-P apabila calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut satu itu kalah dalam pertarungan Pilgub nanti.

"Kalau kalah, kabeh sing PDI Perjuangan tak pecati kabeh. Setuju," kata Megawati saat berorasi dalam kampanye Gus Ipul-Puti di Lapangan Gulun, Kota Madiun, Kamis (21/6/2018) sore.

Megawati juga meminta kepada masyarakat untuk tidak memilih calon pemimpin yang suka pindah-pindah partai politik. Dia menyebut di Jawa Timur ada calon pemimpin yang suka berpindah-pindah partai politik demi mencari kekuasaan.

Padahal, kata Megawati, seorang pemimpin itu seharusnya tidak meninggalkan partai politiknya dalam kondisi apapun. Seharusnya pemimpin itu memiliki sikap tegar, jujur, tegak, dan sabar.

"Kriteria pemimpin itu apa. Kalau pindah-pindah partai boleh apa tidak? Siapa yang pindah-pindah jangan dipilih. Di Jawa Timur ada yang pindah-pindah. Tapi bukan di antara kita," kata Megawati.

Dalam Pilgub Jawa Timur, ujar dia, PDI-P menggandeng kalangan hijau atau warga Nahdliyin. Dia mengartikan sebagai koalisi nasionalis dan nahdliyin.

"Kalau di Jawa Timur dijaga kaum nasionalis dan nahdliyin pasti aman dan tentram," ujar dia.

Lebih lanjut, putri Presiden pertama RI Soekarno itu menegaskan kepada seluruh pengurus maupun simpatisan PDI-P untuk bisa memenangkan paslon Gus Ipul dan Puti pada Pilgub Jatim. "Seluruh Jawa Timur siap memenangkap Gus Ipul-Puti. Jangan terpengaruh yang lain," tegas dia.

Selain Megawati, sejumlah tokoh nasional juga didatangkan dalam kampanye akbar paslon nomor urut dua itu. Antara lain Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, Wakil Sekjen PDI-P Ahmad Basarah, dan politisi PDI-P Pramono Anung. Selain itu, kampanye ini juga dihadiri petinggi partai pengusung seperti petinggi PKS dan petinggi Partai Gerindra.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin sapaan akrab Muhaimin duduk bersebelahan dengan Megawati. Keduanya terlihat akrab dan saling berbincang hangat. Saat itu, Cak Imin mengenakan kemeja berwarna putih sama seperti Gus Ipul. Sedangkan Megawati dan Puti terlihat memakai pakaian bernuansa merah.

Kampanye akbar paslon nomor urut dua di Madiun ini diikuti ribuan kader dan simpatisan dari berbagai daerah di Jawa Timur. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya