70 Balon Udara Hiasi Langit Ponorogo Hari Ini

Warga menyaksikan balon udara yang diterbangkan dalam festival balon udara di Lapangan Jepun, Desa Balong, Ponorogo, Kamis (21/6 - 2018) pagi. (Istimewa/Olin)
21 Juni 2018 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Sebanyak 70 balon udara tanpa awak mengudara dalam festival balon udara yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan di Lapangan Jepun, Desa Balong, Ponorogo, Kamis (21/6/2018) pagi. Festival balon udara ini untuk mewadahi kreativitas dan tradisi masyarakat Ponorogo.

Puluhan balon udara dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna itu menghiasi langit Ponorogo dalam beberapa jam di festival itu. Ratusan orang memadati lapangan tersebut untuk menyaksikan puluhan balon udara melayang-layang.

Festival balon udara ini digelar Kemenhub bekerja sama dengan Polres Ponorogo. "Salah satu tujuan dari festival ini untuk mewadahi tradisi warga Ponorogo yang selalu menerbangkan balon udara secara liar saat perayaan Idul Fitri," jelas Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, dalam siaran pers.

Dalam festival ini, balon udara yang diterbangkan pun harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Salah satunya, balon udara tidak boleh dilengkapi dengan api. Selain itu ukuran balon udara juga ditentukan.

"Kalau seperti ini kan enak. Balon bisa dikendalikan dan tidak membahayakan orang lain," jelas dia.

Radiant menyampaikan balon udara yang telah dibuat peserta juga hanya diperkenankan terbang setinggi tujuh meter dari atas tanah. Aturan lain yaitu tidak diperbolehkan memasang petasan di balon udara.

‘’Kalau menerbangkan balon secara liar itu ada sanksinya. Yakni UU No. 1 tahun 2009 ancamannya 3 tahun atau denda 1 miliar rupiah,’’ jelas Radiant. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya