Tol Wilangan-Kertosono Dibuka 24 Jam untuk Arus Balik Lebaran

Antrean panjang kendaraan terjadi di exit toll Wilangan, Kabupaten Madiun, Selasa (12/6 - 2018) sore. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
19 Juni 2018 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pada H+4 Lebaran atau Selasa (19/6/2018), jalan tol fungsional Wilangan-Kertosono dibuka 24 jam untuk arus balik pemudik ke perantauan. Pada saat arus mudik Lebaran beberapa waktu lalu, jalan tol fungsional ini hanya dibuka pagi hingga sore hari atau pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Pantauan di lokasi, Selasa (19/6/2018) sekitar pukul 15.00 WIB, arus lalu lintas di gerbang tol Wilangan ramai lancar. Puluhan kendaraan juga terpantau antre keluar tol.

Kasat Lantas Polres Madiun, AKP Imam Mustolih, mengatakan ruas tol Wilangan-Kertosono sebelumnya hanya dibuka pagi sampai sore hari. Namun, pada saat arus balik ini terjadi kepadatan sehingga jalan tol tersebut dibuka 24 jam.

Imam menuturkan untuk melalui ruas tol Wilangan-Kertosono ini pengendara harus lebih berhati-hati terutama pada saat malam hari. Batas kecepatan maksimal pada saat malam hari yaitu 30 km/jam.

"Batas maksimal pada malam hari yaitu 30 km/jam. Lebih dari itu tidak boleh karena belum ada rambu serta penerangan yang cukup," jelas dia di GT Wilangan.

Lebih lanjut, Imam menyampaikan pengendara yang melewati ruas tol Wilangan-Kertosono juga akan mendapatkan pengawalan dari polisi baik dari arah Kertosono maupun Wilangan.

"Pengawalan ini dilakukan pada saat malam hari. Secara berkelompok nanti akan dikawal. Kami juga sudah bekerja sama dengan Polres Nganjuk dan Polres Jombang," jelas dia.

Menurut Imam, ruas tol ini dibuka 24 jam karena ada peningkatan volume kendaraan saat arus balik Lebaran. Pihaknya mencatat dalam sehari ada 17.000 kendaraan yang masuk maupun keluar dari GT Wilangan.