Bahayakan Penerbangan, Puluhan Balon Udara Dirazia Tim Gabungan Ponorogo

Ilustrasi menerbangkan balon (drhelmspickett.com)
18 Juni 2018 12:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Puluhan balon udara  disita dalam patroli dan razia balon udara oleh tim terpadu, Senin (18/6/2018). Balon udara ini disita karena membahayakan penerbangan.

Kasubbag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto, mengatakan dalam razia balon udara ini melibatkan 426 petugas dari unsur Polres, Kodim 0802, TNI AU Lanud Iswahjudi, serta Polsek jajaran. Tim terpadu melakukan razia dihampir seluruh wilayah Ponorogo mulai pukul 04.30 WIB sampai 09.00 WIB. Dalam razia itu petugas menyita sebanyak 43 balon udara.

"Kami mengamankan puluhan balon udara yang belum diterbangkan. Seperti di wilayah kota ada empat balon. Balong ada lima balon. Kauman ada tujuh balon, dan di daerah lainnya," jelas dia, Senin.

Sudarmanto menuturkan balon udara ini sangat membahayakan penerbangan dan membahayakan masyarakat. Dalam patroli ini, tim juga mengimbau masyarakat tidak membuat atau menerbangkan balon udara.

Petugas akan menindak warga yang terbukti melanggar aturan penerbangan balon udara ini.

Membuat dan menerbangkan balon udara ini merupakan tradisi yang setiap hari raya Idul Fitri dilakukan masyarakat Ponorogo. Namun, kegiatan tradisi ini dilarang pemerintah dan aparat kepolisian karena membahayakan penerbangan lokal.