Kerap Kecelakaan di Tol Ngawi-Kertosono, Pemudik Perhatikan Ini!

Mobil terguling di jalan tol ruas Madiun-Ngawi KM 600, Desa/Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Selasa (12/6 - 2018) sekitar pukul 12.00 WIB. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)
13 Juni 2018 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemudik yang melewati jalan tol Ngawi-Kertosono diminta lebih berhati-hati dan waspada saat mengemudikan laju kendaraannya. Hal ini mengingat dalam beberapa hari terakhir kerap terjadi kecelakaan  lalu lintas di ruas jalan tol tersebut.

Direktur PT Jasamarga Ngawi-Kertosono-Kediri, Iwan Moedyarno, mengatakan seluruh pemudik yang melewati tol Ngawi-Kertosono diminta lebih memperhatikan kondisi kendaraan dan kondisi fisiknya. Dia mengatakan pemudik juga harus memerhatikan beberapa hal saat sedang melalui jalan tol.

Pemudik harus memerhatikan kondisi mesin dan ban kendaraan yang hendak digunakan mudik. "Ban itu kan ada umurnya yang sudah tertera. Kalau pun kembangnya masih kelihatan bagus, tapi kalau umur bannya sudah empat atau lima tahun kan perlu dilihat juga," ujar dia, Selasa (12/6/2018).

Selain itu, ban vulkanisir kalau melaju dengan kecepatan tinggi hingga 120 km per jam akan panas dan akhirnya bisa meledak. Iwan menuturkan rem dan sistem kemudi juga harus diperhatikan untuk keamanan.

Lebih lanjut, dia menambahkan pemudik juga diharapkan tidak memaksakan kendaraan  jenis city car digunakan menempuh perjalanan jarak jauh. City car didesain bukan untuk perjalanan jarak jauh.

"Saya juga ingatkan kepada pemudik supaya beristirahat setelah empat jam mengemudi. Minimal istirahat 15 menit. Kemudian baru jalan lagi," terang dia.



Tokopedia