Mengintip Pesona Candi Jabung Warisan Majapahit

Candi Jabung, Candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. (Tim jelajah - Bisnis)
13 Juni 2018 05:05 WIB Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 Madiun Share :

Solopos.com, PROBOLINGGO -- Candi Jabung adalah salah satu Candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Candi Hindu ini terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

Pembangunan Candi Jabung dilakukan pada 1354 Masehi. Artinya, saat itu masih dalam masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Dari jalan utama, akses menuju candi sekitar 300 meter melewati jalan kecil. Namun, setelah mencapai area situs kebudayaan itu tampak taman yang luas terbentang, dengan Candi Jabung gagah berdiri.

Saat Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018 menyambangi tempat bersejarah itu pada Selasa (12/6/2018), suasana Candi Jabung di Probolinggo tampak sepi. Hanya terlihat dua orang pengunjung lain.

Meski demikian, kondisi taman dan candi yang merupakan salah satu objek wisata di Jatim terlihat bersih. Ditambah teriknya sinar matahari, rerumputan dan pepohonan yang mengitari Candi Jabung jadi tampak mengilap.

Salah seorang petugas kebersihan Candi Jabung, Edy Irwan, mengungkapkan saat Bulan Puasa biasanya pengunjung  candi cenderung sepi. "Agak banyak pengunjungnya kalau Lebaran," ujarnya.

Menurutnya, pengunjung yang masuk ke Candi Jabung cukup membayar seikhlasnya. Nantinya pengunjung dapat mengisi buku tamu.

Edy menambahkan ada empat petugas kebersihan Candi Jabung, meliputi perawatan taman dan bangunan candi.

"Biasanya, candi dibersihkan dari lumut," ungkap dia. 

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya