Sabtu-Minggu Puncak Arus Mudik di Madiun

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machfud Arifin, bersama jajarannya meninjau kesiapan arus mudik Lebaran 2018 di jalan tol Sragen-Ngawi, Sabtu (9/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
09 Juni 2018 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Puncak arus mudik Lebaran 2018 di Madiun diperkirakan terjadi Sabtu-Minggu (9-10/6/2018) ini. Volume kendaraan dan penumpang angkutan umum yang turun di terminal maupun stasiun sudah menunjukkan peningkatan pada Sabtu siang.

Pengamatan Madiunpos.com di jalan raya Madiun-Caruban, Sabtu, volume kendaraan yang melewati jalan raya tersebut sudah cukup padat. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih merayap di jalanan Madiun.

Kepadatan juga terjadi di Terminal Madiun, terlihat dari jumlah penumpang yang turun dari bus cukup banyak dibandingkan hari-hari biasa. Kepadatan juga terpantau di Stasiun Madiun, ada ribuan orang yang turun dan naik dari stasiun ini.

Kepala Terminal Madiun, Hari Suhardono, mengatakan perkiraan puncak arus mudik  di Terminal Madiun diprediksi terjadi selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. Dia menuturkan saat ini penumpang yang turun di Madiun sudah ada peningkatan. "Diprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini terjadi pada Sabtu dan Minggu ini," jelas dia.

Data di terminal pada puncak arus mudik mengalami kenaikan penumpang mencapai 8% dibandingkan hari biasa. Pada puncak arus mudik ini diperkirakan setiap hari ada 15.000 orang masuk ke Terminal Madiun.

"Jumlah bus yang masuk terminal mencapai 1.000 unit. Hari biasa hanya sekitar 500 bus," ujar dia.

Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun, Supriyanto, mengatakan untuk puncak arus mudik di Stasiun Madiun diperkirakan terjadi akhir pekan ini. Sebenarnya hampir setiap hari kereta-kereta dari arah barat selalu penuh.

Namun, untuk penumpang yang turun ke Stasiun Madiun paling banyak di dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. "Penumpang KA di Stasiun Madiun pada H-7 atau pada Jumat lalu sebanyak 33.353," ujar dia.

Supriyanto menuturkan puncak arus mudik  ini terjadi lebih awal karena para pegawai negeri sipil (PNS) mulai Sabtu sudah libur. Selain itu, anak sekolah juga sudah mulai libur.

"KA yang melewati Stasiun Madiun ada 62 perjalanan, terdiri atas 44 KA jarak jauh reguler, 8 KA jarak jauh tambahan, dan 10 KA lokal," kata Supri.



Tokopedia