Menristekdikti Samakan Kereta Sleeper Seat dengan Pesawat Qatar Airways

Menristekdikti Mohamad Nasir menikmati kereta sleeper seat produksi PT Inka, Jumat (8/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
09 Juni 2018 18:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, takjub dengan inovasi kereta sleeper seat produksi PT Inka Madiun. Menurut dia, fasilitas kereta sleeper itu setingkat hotel bintang lima.

"Saya rasa oke. Bagus keretanya. Nyaman. Kayak naik pesawat," ujar dia saat mencoba duduk di kursi kereta sleeper seat yang merupakan pesanan PT KAI, Jumat (8/6/2018).

Melihat fasilitasnya, dia menilai kereta sleeper seat buatan PT Inka layak dijajarkan dengan fasilitas pesawat kelas internasional seperti Qatar Airways. Bahkan, dia menyebut pesawat Garuda belum memiliki fasilitas seperti kerete sleeper seat ini.

"Ini seperti pesawat kelas bisnis seperti Qatar Air. Pesawat Garuda yang kelas terbaik pun belum ada fasilitas seperti itu," ujar dia saat berkunjung ke PT Inka.

Saat diminta membandingkan dengan hotel, kata Nasir, kereta sleeper seat buatan Inka ini seperti hotel bintang lima. Menurut dia, saat ini permintaan kereta api ini sangat tinggi. Nasir menceritakan beberapa waktu lalu saat hendak pergi ke Semarang naik kereta api, dia hendak memesan kereta prioritas seharga Rp900.000.

Saat ingin memesan ternyata tiketnya sudah habis. Padahal kalau dibandingkan dengan pesawat ekonomi harganya hanya sekitar Rp600.000. "Ternyata peminat kereta itu cukup banyak," jelas dia.

Dengan melihat permintaan dan fasilitas yang ditawarkan tersebut, ia memperkirakan harga tiket untuk menikmati kereta sleeper seat ini mencapai Rp1,7 juta. General Manager Corporate Secretary PT Inka, I Ketut Astika, mengatakan empat kereta sleeper seat pesanan PT KAI sudah jadi dan siap dikirim ke Surabaya. Sesuai rencana kereta ini akan dimanfaatkan untuk kebutuhan angkutan Lebaran tahun ini.

 

Tokopedia