4 Lokasi Rawan Macet Madiun yang Perlu Diketahui Pemudik

Ilustrasi mudik (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
09 Juni 2018 14:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ada empat lokasi rawan kemacetan yang perlu diwaspadai para pemudik yang melintas di wilayah Kabupaten Madiun. Mana saja empat lokasi rawan kemacetan itu?

Kasatlantas Polres Madiun, AKP Imam Mustolih, mengatakan empat lokasi di Madiun yang perlu diwaspadai pemudik yaitu perempatan menuju gerbang tol Dumpil, jalan bypass menuju exit tol Wilangan, perlintasan kereta api Saradan, dan perlintasan kereta api Kaligunting.

Imam menuturkan dari empat lokasi rawan macet itu yang paling berpotensi terjadi penumpukan kendaraan paling parah yaitu di perlintasan sebidang di Kaligunting maupun Saradan. Hasil koordinasi dengan PT KAI, setiap hari akan ada sekitar 50 perjalanan KA. Setiap perjalanan KA membutuhkan waktu antara 5-8 menit.

"Adanya kepadatan perjalanan kereta api ini sangat berpengaruh adanya penumpukan kendaraan  [di perlintasan sebidang]. Kalau kereta api lewat enggak mungkin bisa dihindari, ya akhirnya akan ada penumpukan kendaraan," terang dia, Jumat (8/6/2018).

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan yang berkepanjangan, kata dia, Polres membangun pos dan menempatkan petugas untuk mengatur arus lalu lintas di jalan tersebut, terutama saat arus lalu lintas padat. Imam menyampaikan akan mengatur kendaraan yang masuk ke jalan tol maupun lewat jalan arteri.

Pengaturan dimaksud yaitu apabila terjadi penumpukan di jalan tol, kendaraan  akan diarahkan melewati jalur arteri, begitu juga sebaliknya. "Jadi kita arahkan supaya tidak hanya di jalan tol saja maupun di jalan arteri. Akan ada pengarahan supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan," jelas dia.

Lebih lanjut, pada Operasi Ketupat Semeru 2018 ini ada 496 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengatur arus mudik dan arus balik.