Menteri BUMN Ingin PT Inka Kian Dikenal Dunia

Menristekdikti, Mohamad Nasir, bersama Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro menaiki kereta LRT Palembang yang dalam proses finishing, Jumat (8/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
08 Juni 2018 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menginginkan industri perkeretaapian Indonesia bisa semakin berkembang pesat dan didukung sumber daya manusia terampil dan unggul.

Menurut dia, Industri perekeretaapian Indonesia memiliki potensi dan prospek bisnis yang besar apalagi produk kereta buatan dalam negeri sudah dikenal andal di dunia internasional khususnya kawasan Asia.

"Seperti kita tahu, PT Inka sudah dikenal andal dan berpengalaman dalam memproduksi sarana perkeretaapian. Berkat inovasinya, karya-karya anak bangsa melalui Inka pun kian melejit. Salah satunya rangkaian kereta lengkap yang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno Hatta," kata Rini saat berkunjung ke PT Inka di Kota Madiun, Jumat (8/6/2018).

Dia menuturkan belum lama ini PT Inka juga dipercaya memproduksi train set untuk perkeretaapian di Filipina. PT Inka sejak tahun 1991 juga telah mengekspor produknya ke Malaysia, Bangladesh, Singapura, Thailand, hingga Australia.

"Potensi yang kita miliki cukup besar. Ke depan industri perkeretaapian kita harus semakin maju dan paling terdepan," ujar Menteri Rini.

Dia berpesan kepada PT Inka untuk terus berinovasi dalam menghadirkan sarana perkeretaapian yang andal dan modern guna menjawab kebutuhan transportasi Indonesia di masa mendatang.

"Saya selalu menekankan bahwa inovasi sangat penting dalam berkompetidi di era kini. Inka harus terus maju dan menjaga kehandalannya," jelas Rini.

Menteri BUMN datang bersama Menristekdikti, Mohamad Nasir, di PT Inka Madiun. Dalam kunjungan itu juga disepakati terkait kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pembentukan SDM antara PT Inka dengan Politeknik Negeri Madiun. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya