Ratusan Bus di Jatim Tak Layak untuk Angkutan Lebaran 2018

Uji kelaikan bus. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
07 Juni 2018 23:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TUBAN -- Sekitar 5% hingga 10% dari 3.500an bus atau 175 hingga 350 bus yang sudah menjalani uji kelayakan atau ramp check di Provinsi Jawa Timur (Jatim) diketahui tidak standar dengan berbagai kekurangan untuk angkutan Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah.

Kasi Sarpras Balai Pengelola Trasportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jawa Timur, Hanura Kelana Iriantoz, di Tuban, Rabu (7/6/2018, menjelaskan dari hasil ramp check bus yang tidak standar itu agar tetap bisa beroperasi, maka kekurangannya kekurangannya harus dilengkapi.

"Ramp check bus angkutan lebaran termasuk bus pariwisata dilakukan di 15 terminal di Jawa Timur.

Kekurangan bus yang tidak standar itu, antara lain, ban sudah tidak layak pakai, kaca kendaraan tidak dilengkapi dengan kipas, juga kekurangan yang lainnya.

"Kalau memang sudah dilengkapi dan diperbaiki maka bus yang tidak standar itu tetap diperbolehkan beroperasi," ucapnya.

Ia menambahkan BPTD juga memfungsikan 12 jembatan timbang di Jawa Timur, sebagai rest area atau kawasan istirahat bagi para pemudik selama lebaran.

Lokasi jembatan timbang di Jatim yang dimanfaatkan kawasan istirahat, antara lain, jembatan timbang Kalibaru Manis dan Watudodol di Banyuwangi, Talun Blitar, Baureno Bojonegoro, Klakah Lumajang, Singosari Malang, Trowulan Mojokerjo, Pojok Tulungagung, dan Widang Tuban.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya I Ketut Darmawahana, di sela-sela pembukaan jembatan Widang Tuban, menambahkan kondisi 40 jembatan yang ada di Jawa Timur, dalam keadaan baik dan aman dilalui para pemudik.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara