Petugas Terminal Purboyo Madiun Cek Kelaikan Bus dan Sopir

Uji kelaikan bus. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
06 Juni 2018 11:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Petugas Terminal Tipe A Purboyo Kota Madiun sejak tanggal 31 Mei 2018 hingga sekarang mengecek bus-bus yang masuk ke terminal setempat. Pengecekan dilakukan demi memberikan angkutan Lebaran 2018 yang aman dan nyaman.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Purboyo Madiun, Hari Suhardono, Selasa (5/6/2018), mengatakan pemeriksaan dilakukan baik untuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP), AKDP (antarkota dalam provinsi), maupun bus pariwisata yang digunakan untuk angkutan Lebaran.

Adapun sejumlah item yang dicek, di antaranya kondisi kaca, wiper, ban, rem, spidometer, serta kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Hasil pemeriksaan dan pengecekan, memang ditemukan beberapa kondisi armada tidak sesuai standar. Di antaranya, ban vulkanisir, rem yang tidak berfungsi maksimal, bahkan penyimpangan trayek," ujar Hari.

Menindaklanjuti dari temuan pemeriksaan tersebut, petugas terminal setempat akan memberikan sanksi ringan hingga berat tergantung dari pelanggaran.

"Untuk pelanggaran ringan, cukup diberi surat peringatan. Kalau yang pelanggaran berat atau fatal, bisa kita kandangkan. Jadi tidak boleh menaikkan penumpang dan dikembalikan ke Perusahaan Otobusnya," katanya.

Selain mengecek kondisi bus, petugas juga memeriksa kesehatan terhadap para awak bus. Di antaranya adalah pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah acak.

"Jika kondisi sopir sedang sakit, diimbau untuk tidak bertugas. Maka pihak petugas akan meminta PO-nya mengganti dengan sopir cadangan," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara