Tukar Uang Baru di Makodam Brawijaya Surabaya Dilayani 5-7 Juni 2018

Penukaran uang baru. (Solopos/Nicolous Irawan)
02 Juni 2018 17:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Menjelang Lebaran 1439 Hijriah, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur (BI Jatim) secara khusus menyiapkan uang baru sekitar Rp24 miliar untuk program penukaran uang baru di lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Yudi Harymukti, mengatakan jumlah yang disiapkan tersebut telah disesuaikan dengan total hari dibukanya stand penukaran dan maksimal penukaran per hari.

"Dari 12 perbankan yang bekerja sama dalam program penukaran uang ini ada Rp4,8 miliar per hari dengan jumlah penukar 1.300 orang/hari," jelasnya seusai pembukaan layanan penukaran uang baru lapangan Makodam V Brawijaya, Rabu (30/5/2018).

Menurut Yudi Harymukti, pengetahuan masyarakat semakin meningkat dengan tidak melakukan penukaran uang di pinggir jalan atau bukan di tempat resmi yang belum tentu terjamin keasliannya.

"Kami imbau masyarakat agar aware dengan ini karena kalau tukar di jalanan belum terjamin keasliannya, belum lagi ada potongan biaya," ujarnya.

Dia mengatakan jadwal penukaran uang yang berlangsung selama 5 hari mulai 24 dan 30 Mei 2018, serta pada 5-7 Juni 2018 itu mendapat respons bagus dari masyarakat.

"Animo masyarakat untuk menukar uang di Makodam cukup meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," imbuhnya.

 Meski siaga menyiapkan uang tunai, BI juga mendorong agar masyarakat terus belajar beralih transaksi nontunai atau e-money agar lebih efisien dan aman secara bertahap.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya