Jelang Arus Mudik, PT KAI Terjunkan Petugas Rawat Rel di Wilayah Madiun

Warga menyaksikan kereta yang melewati rel di dekat Stasiun Madiun, Minggu (20/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
02 Juni 2018 09:00 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – PT KAI Daop VII Madiun menerjunkan puluhan petugas untuk melakukan perawatan wesel atau rel kerera api di seluruh jalur Daop VII. Perawatan rel ini sebagai bentuk persiapan menyambut masa angkutan Lebaran tahun 2018.

Manager Humas PT KAI Daop VII, Supriyanto, mengatakan perbaikan rel KA akan dilakukan di sembilan titik stasiun wilayah Daop VII mulai dari Stasiun Walikukun hingga Stasiun Blitar. Khusus untuk di Stasiun Madiun, PT KAI menerjunkan sekitar 20 petugas untuk melakukan perawatan rel KA.

Supriyanto menuturkan perbaikan rel ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api. Perawatan yang dilakukan berupa pemadatan ballast atau batu kricak yang ada di rel serta pengukuran lebar antar-rel.

"Perawatan juga dilakukan di ujung wesel untuk memudahkan pemindahan jalur perjalanan kereta api," jelas dia, Kamis (31/5/2018).

Lebih lanjut, untuk perawatan rel menggunakan dua mesin yaitu MPJR. Kedua mesin itu berfungsi untuk melakukan pemadatan batu ballast di bawah bantalan rel sehingga jalur kereta lebih aman dan tidak ambles.

Berbagai persiapan untuk kelancaran pelayanan arus mudik akan terus dilakukan PT KAI. Pihaknya menetapkan masa angkutan Lebaran  mulai tanggal 5-26 Juni 2018.