Gangguan Jiwa Kambuh, Pria Ponorogo Bakar Rumah Sendiri

Warga melihat rumah Siran yang terbakar di Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Kamis (31/5 - 2018) malam. (Istimewa/Polres Ponorogo)
01 Juni 2018 15:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Seorang pria yang memiliki penyakit gangguan jiwa nekat membakar  rumahnya sendiri di Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Ponorogo, Kamis (31/5/2018) malam. Bahkan, pria bernama Siran, 50, itu juga mengancam warga yang hendak memadamkan api yang melalap rumahnya.

Kapolsek Jenangan AKP Haryo Kusbintoro mengatakan dari keterangan tetangganya, Siran memang memiliki penyakit gangguan jiwa yang terkadang kambuh. Diduga penyakit Siran sedang kambuh ketika membakar rumahnya sendiri.

Rumah beserta perabotan seisinya ludes dilalap api dan hanya tersisa puing-puingnya. "Menurut warga, kebakaran rumah milik Siran ini terjadi Jumat malam saat warga pulang dari Salat Tarawih. Warga langsung mendatangi lokasi dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," ujar dia, Jumat (1/6/2018).

Saat hendak membantu memadamkan api, kata Kapolsek, warga justru mendapatkan perlawanan dari pemilik rumah. Siran bahkan mengancam pakai senjata tajam akan menganiaya warga yang mencoba memadamkan api.

Akhirnya dua jam sejak kebakaran itu terjadi, petugas pemadam kebakaran  datang dan berhasil memadamkan api. Namun, seluruh rumah sudah ludes terbakar.

Petugas dibantu warga kemudian menangkap Siran supaya bisa dibawa ke RSJ Malang untuk mendapat perawatan medis. "Memang Siran ini mengalami gangguan jiwa sejak kecil," jelas dia.

 

Tokopedia