Pasar Murah Sembako Ada di GOR Lembupeteng Tulungagung

ilustrasi paket sembako. (Solopos/Dok)
01 Juni 2018 03:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung, Jawa Timur, selama sepekan menggelar pasar murah sembako dan aneka kebutuhan rumah tangga lain di halaman sisi barat GOR Lembupeteng.

Pasar murah yang digelar sejak Kamis (31/5/2018) bertujuan mencegah inflasi selama Ramadan yang biasanya diiringi fluktuasi harga pangan.

"Pasar murah ini sudah menjadi agenda rutin pemkab sebagai upaya intervensi pasar. Mengendalikan harga yang biasanya naik menjelang Lebaran," kata Pj Bupati Tulungagung Jarianto di sela-sela pembukaan Pasar Murah Ramadan.

Pada pasar murah kali ini tersedia lapak produk dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dan banyak usaha kecil menengah (UKM) ikut terlibat.

Barang yang dijual pun beraneka ragam. Sembako seperti beras kemasan premium, gula, minyak goreng, telur hingga daging sapi tersedia dengan harga rata-rata berselisih antara Rp1.000 hingga Rp5.000 dibanding harga di pasaran.

Ada pula aneka produk penganan dan minuman olahan dijual di sejumlah stan. Selain itu, tersedia produk unggulan dalam bentuk pakaian, perangkat salat hingga bermacam produk kerajinan rumahan.

"Selama ini kami rutin memantau perkembangan harga di sejumlah pasar tradisional. Alhamdulillah, meski ada kenaikan di beberapa komoditas, tapi masih dalam batas wajar," ujarnya. Kendati begitu, Jarianto menyatakan pasar murah tetap dilakukan dengan jangka waktu sepekan.

Dia menambahkan pasar murah ini bertujuan memecah tingginya permintaan barang di pasaran. Dengan demikian, laju inflasi secara tidak langsung bisa dikendalikan.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara