Polisi Gerebek Pabrik Tahu Diduga Berformalin di Ponorogo

Polisi mengecek tahu yang diproduksi pabrik tahu di Kelurahan Purbosuman, Kecamatan Ponorogo, Ponorogo, Rabu (30/5 - 2018). (Istimewa/Polres Ponorogo)
31 Mei 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Tempat pengolahan tahu di Kelurahan Purbosuman, Kecamatan Ponorogo, Ponorogo, digerebek aparat Polres Ponorogo, Rabu (30/5/2018) sore. Diduga, tempat pengolahan tahu itu memproduksi tahu berformalin.

Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant, mengatakan pemeriksaan ini berawal dari informasi masyarakat mengenai tahu berformalin yang muncul di pasar Ponorogo. Atas informasi itu, polisi kemudian mengecek ke lokasi pabrik tahu itu.

Radiant menuturkan polisi mengecek beberapa tahu yang diproduksi dengan menggunakan teknik reagen. "Kami bekerja sama dengan laboratorium. Pemeriksaan dilakukan dengan teknik reagen," kata dia kepada wartawan, Kamis (31/5/2018).

Berdasarkan hasil pemeriksaan itu, polisi menyatakan tahu yang diproduksi pabrik tersebut positif mengandung formalin. Selanjutnya Unit Tipidter dan Unit Resmob mengamankan saksi-saksi dan barang bukti untuk proses penyidikan selanjutnya.

Barang bukti yang dibawa yaitu ada empat kotak tahu, 2 drum cuka tahu, satu karung kedelai, satu karung ampas tahu, dan satu alat pembuatan tahu.

"Pemeriksaan awal hanya sebagai pegangan. Nanti tetap akan diperiksa secara global untuk memastikan tahu itu benar-benar mengandung formalin atau tidak," ujar dia.

Radiant menyampaikan untuk pemilik pengolahan tahu yaitu bernama Untung dan beberapa karyawan pabrik masih berstatus sebagai saksi. Mereka masih intensif diperiksa oleh Satreskrim Polres Ponorogo. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia