Pemerintah Siapkan Rp4,3 triliun untuk Bikin 315 Rusun Santri

Kondisi rusun santri Ponpes Al-Falah YPI Al-Hikam di Desa/Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Selasa (29/5 - 2018). (Madiunpos.com)
31 Mei 2018 05:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun 315 rumah susun (rusun) untuk santri dan pelajar  di Indonesia pada tahun 2018. Pemerintah menyiapkan anggaran mencapai Rp4,3 triliun untuk pembangunan rusun santri.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan tahun ini pemerintah berencana membangun 315 rusun di pondok pesantren dan kampus-kampus yang tersebar di Indonesia. Untuk di Jawa Timur, pemerintah akan membangun 45 unit rusun yang ditempatkan di pondok pesantren.

"Ada 315 rusun yang dibangun tahun ini. Pemerintah telah menyiapkan anggaran senilai Rp4,3 triliun," kata dia kepada wartawan seusai meresmikan rusun khusus santri di kompleks Ponpes Al-Falah, Desa/Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Selasa (29/5/2018).

Basuki Hadimuljono menyampaikan pembangunan rusun ini merupakan salah satu penjabaran narasi besar pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla dalam membangun sumber daya manusia. Pembangunan SDM ini difokuskan setelah pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur.

Menurut dia, pondok pesantren menjadi salah satu tempat pembentukan karakter bangsa. "Ponpes diyakini sebagai tempat mengembangkan karakter bangsa. Di Kementerian PU kami membangunkan prasarana seperti rusun ini," ujar dia.

Basuki Hadimuljono menuturkan rusun yang dibangun khusus untuk santri ini terdiri dari tiga lantai yang bisa menampung 216 orang. Satu kamar memiliki 16 tempat tidur beserta almari. Selain itu, rusun ini juga langsung bisa ditempati santri karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar mandi, listrik, dan air. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya