400 Orang Ditugaskan Melipat 1 Juta Surat Suara di Madiun

Petugas melipat surat suara untuk Pilbup Madiun dan Pilgub Jawa Timur di halaman kantor KPU Kabupaten Madiun, Rabu (30/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
30 Mei 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun menerjunkan sebanyak 400 petugas untuk melipat surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Madiun serta surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Sedikitnya ada sekitar satu juta surat suara yang dilipat petugas dalam waktu tiga hari.

Pantauan Madiunpos.com di kantor KPU setempat, Rabu (30/5/2018) siang, ratusan orang memadati halaman kantor KPU Kabupaten Madiun. Mereka berkelompok dan melakukan pelipatan kertas surat suara.

Pelipatan surat suara Pilbup Madiun dan Pilgun Jatim ini dilakukan selama tiga hari mulai dari Selasa-Kamis (29-31-/5/2018). Pelipatan surat suara dibagi dua tahap yaitu tahap pertama pelipatan surat suara untuk Pilbup Madiun dan tahap kedua pelipatan surat suara untuk Pilgub Jatim.

Ketua KPU Kabupaten Madiun, Wahyudi, mengatakan dalam pelipatan surat suara untuk pilbup dan pilgub ini ada sekitar 400 orang yang dilibatkan. Petugas pelipat surat suara ini diambil dari warga sekitar.

"Kami buat per kelompok 10 orang. Tahap pertama yaitu pelipatan surat suara untuk pilbup Madiun selesai hari ini," kata dia.

Wahyudi menyampaikan untuk surat suara Pilbup Madiun dan Pilgub Jatum masing-masing ada sebanyak 580.000. Sehingga jumlah surat suara yang harus dilipat lebih dari satu juta lembar.

Lebih lanjut, dia menuturkan ada sebanyak 130 surat suara untuk Pilbup Madiun yang mengalami kerusakan. Surat suara yang rusak itu seperti cetakan kurang jelas dan sobek. Sehingga surat suara itu dikembalikan ke pihak percetakan di Jakarta.

"Atas kerusakan surat suara itu. Kami minta pertanggungjawaban penyedia jasa. Mereka berkomitmen untuk menggantinya. Nantinya surat suara yang rusak akan dibakar dengan disaksikan Panwaslu dan kepolisian," terang dia.

Mengenai logistik untuk pilkada lainnya, ujar Wahyudi, ada beberapa logistik yang sudah datang seperti tinta. Untuk kotak suara, pihaknya telah menyiapkan sekitar 2.000 kotak suara untuk pilbup dan pilgub bulan depan. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia