Menhub Targetkan PT Inka Selesaikan LRT Palembang pada Juni

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di PT Inka di Kota Madiun, Selasa (29/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
30 Mei 2018 10:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan PT Inka bisa merampungkan pekerjaan pembuatan enam trainset (rangkaian) kereta light rail trainset (LRT) untuk mendukung Asian Games  pada Juni 2018.

"Masih ada enam trainset LRT Palembang yang belum dikirim. Paling lambat 30 Juni 2018," kata dia saat meninjau pekerjaan LRT di PT Inka di Kota Madiun, Selasa (29/5/2018).

Setelah meninjau pembuatan LRT dan kereta sleeper seat untuk kereta angkutan Lebaran, Budi memuji seluruh pekerjaan PT Inka. Dia mengaku puas dan bangga terhadap karya yang dihasilkan perusahaan pembuatan kereta api pelat merah itu.

"Saya bangga dengan hasil karya yang dihasilkan. Karyanya bagus dan cantik," ujar dia.

Dalam kunjungannya itu, Menhub juga memberikan motivasi kepada PT Inka yang saat ini sedang mengerjakan berbagai pesanan. Mulai dari LRT Palembang, LRT Jakarta, pesanan kereta dari PT KAI, hingga pesanan dari luar negeri.

Menurut dia, untuk mendapatkan pasar penjualan kereta api harus memiliki tiga hal yaitu harga harus murah, kualitas bagus, dan proses pembuatan cepat. "Tiga hal ini harus dijabarkan ke teman-teman di sini. Saya optimistis kita semakin kompetitif," jelas dia.

Direktur Keuangan dan SDM PT Inka, Mohamad Nur Sodiq, mengatakan untuk pekerjaan LRT Palembang  saat ini masih tahap penyelesaian. Sesuai rencana enam trainset LRT Palembang akan dikirim pada Juni.

Dia menuturkan bentuk dan warna yang dibuat dalam kereta ringan itu sesuai permintaan PT KAI sebagai pemesan. Sodiq menyampaikan selain mengerjakan pesanan dalam negeri, saat ini PT Inka juga sedang mengerjakan pesanan dari luar negeri.