Pemerintah Bangun Rusun Khusus Santri di Madiun

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat kamar di rumah susun khusus santri di Ponpes Al-Falah, Desa Geger, Kabupaten Madiun, Selasa (29/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
29 Mei 2018 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meresmikan rumah susun Pondok Pesantren Al-Falah YPI Al-Hikam di Desa/Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Selasa (29/5/2018) siang. Rusun khusus santri ini dibangun dengan anggaran senilai Rp7 miliar.

Selain Menteri  PUPR, dua menteri lainnya juga ikut hadir dalam peresmian rumah susun tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Rusun Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Hikam ini setinggi tiga lantai dan berdiri di kompleks Ponpes Al-Falah.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah, Ibnu Abas Tohir, mengatakan sangat senang dengan adanya bantuan pembangunan rumah susun untuk santri ini. Dia menuturkan bangunan tersebut menjadi salah satu keinginan sejak lama pengelola ponpes Al-Falah.

"Nantinya rusun ini ditempati para santri Al-Falah. Kemungkinan tahun ajaran baru nanti seluruh santri akan menempatinya. Kami mohon doa dan restu semoga menjadi rusun yang berkah," jelas dia.

Bupati Madiun, Muhtarom, menuturkan rusun ini tentu memberikan manfaat bagi santri. Dengan adanya rusun  ini tentu orang tua akan semakin tenang mengenai anak-anak mereka. Hal ini karena kehidupan di pondok pesantren tidak terlalu banyak gangguan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, berharap rumah susun di Ponpes Al-Falah ini bisa dikelola dengan baik dan dimanfaatkan secara optimal. Kementerian PUPR memberikan fasilitas berupa bangunan rusun serta fasilitas pendukung seperti kebutuhan air, tempat tidur, listrik, dan lainnya.