Pakde Karwo Ingin Media Mainstream Dipertahankan

Wali Kota Sugeng Rismiyanto (kanan) menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Soekarwo, Jumat (27/4 - 2018). (Istimewa/Pemkot Madiun)
28 Mei 2018 21:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Peringatan Hari Pers Nasional  (HPN) 2019 rencananya dihelat di Jawa Timur sebagai tuan rumah. Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo pun mengusulkan agar media mainstream tetap dipertahankan meski perkembangan zaman digitalisasi semakin kuat.

"Mempertahankan media mainstream merupakan hal sangat penting, karena media jenis ini tetap menjadi rujukan kepastian informasi, termasuk media digital online yang diolah dengan data kuat dan akurat akan melengkapi media mainstream cetak dan elektronik," ujarnya dalam rilis kepada Bisnis/JIBI, Minggu (27/5/2018).

Dia mengatakan diskusi mengenai pengaruh digitalisasi, termasuk digitalisasi ekonomi dan media perlu dimasukkan dalam kegiatan focus group discussion (FGD) menyambut HPN 2019.

"Dalam FGD perlu dipikirkan apakah digitalisasi ini mematikan media mainstream, atau sebaliknya menjadi bonus bagi media mainstream serta merumuskan bagaimana mempertahankan media mainstream yang berkualitas," imbuhnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Ahmad Munir, menjelaskan peringatan HPN 2019 akan digelar pada 9 Februari 2019 di Jatim. Pihaknya akan berkoordinasi untuk mempersiapkan gelaran berskala nasional tersebut.

"HPN merupakan event terbesar bagi insan pers, bukan hanya tingkat nasional, tetapi bahkan se-Asia. Pandangan ini  disampaikan insan pers dari berbagai negara di Asia ketika mengikuti HPN-HPN sebelumnya," ujarnya.

Tokopedia

Sumber : Antara