Jatim Menanti Investasi Rp328 Triliun Terealisasi

ilustrasi investasi. (Solopos/Dok)
28 Mei 2018 17:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Investasi sebesar Rp328 triliun dipastikan siap masuk ke Jawa Timur seiring dengan upaya mengembalikan kepercayaan investor terhadap keamanan. Sebelumnya diketahui, ketenangan Jatim khususnya Surabaya dan Sidoarjo terkoyak lantaran ada aksi bom bunuh diri di sejumlah titik beberapa waktu lalu.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau yang akrab disapa Pakde Karwo mengatakan dari izin prinsip Rp328 triliun, sebanyak Rp248 triliun merupakan Penanaman Modal Asing (PMA).

"Pada 30 Mei ini kita kumpul dengan para pengusaha untuk membahas investasi, agar bisa terealisasi. Sedangkan PMDN tinggal landing karena sudah mengetahui mengetahui kultur dan kondisi di Jatim," katanya dalam rilis yang diterima Bisnis/JIBI, Minggu (27/5/2018).

Kepastian realisasi investasi tsb, lanjut Pakde Karwo, tergantung dari hasil pertemuan dengan para pengusaha. Salah satu yang akan disampaikan kepada para pengusaha yakni situasi Jatim yang aman.

Dia optimistis para investor asing tersebut tetap menanamkan modalnya di Jatim mengingat kondisi di Jatim sudah aman terkendali. Juga, akar terorisme sudah dideteksi dan dicabut oleh kepolisian, serta UU anti terorisme telah disahkan oleh DPR RI.

“Gangguan-gangguan seperti ini bersifat internasional, tidak hanya di Indonesia saja. Bahkan negara adikuasa seperti Amerika Serikat saja juga mengalami gangguan ini,” imbuhnya.