PPDB SMA/SMK Kota Madiun Dibuka 5 Jalur, Ini Jadwalnya

ilustrasi PPDB online. (Solopos/Dok)
26 Mei 2018 20:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri Tahun Ajaran 2018/2019 di Kota Madiun. Proses PPDB tahun ini dibagi dalam lima jalur pendaftaran.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Madiun Kresna Herlambang di Madiun, Sabtu (26/5/2018), mengatakan lima jalur pendaftaran yang disediakan tersebut yakni jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusi yang dilakukan secara offline, serta jalur reguler yang dilakukan secara online.

"Bagi para calon peserta didik baru diharapkan untuk mengetahui informasi tersebut. Sehingga, dapat menentukan jalur mana yang akan dipilih sebelum mendaftar," ujar Kresna Herlambang kepada wartawan.

Menurut dia, lima jalur pendaftaran yang dibuka tahun ini tidak jauh berbeda dengan PPDB tahun SMA/SMK negeri 2017.

Jadwalnya sebagai berikut:

1. Untuk jalur reguler, pengambilan PIN dilakukan pada tanggal 25 Mei hingga 8 Juni 2018 di SMA/SMK negeri terdekat.

2. Pendaftaran secara dalam jaringan (online) dilakukan mulai 25 Mei 2018. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMP dan sederajat tahun ini secara umum.

3. Pendaftaran jalur prestasi, bidikmisi, mitra warga, dan inklusi dilakukan sedikit berbeda. Pendaftaran secara online dibuka mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2018. Prosesnya bisa dilakukan di SMA/SMK negeri terdekat.

4. Petugas akan melakukan proses verifikasi pada tanggal 5 hingga 7 Juni 2018.

5. Hasil verifikasi diumumkan pada 8 Juni 2018.

"Untuk jalur bidikmisi lebih ditekankan pada prestasi tapi dari keluarga tidak mampu. Kalau mitra warga untuk siswa dari keluarga tidak mampu," kata Kresna Herlambang.

Dia menambahkan untuk memudahkan calon peserta didik mendapatkan informasi yang lebih jelas, Cabdindik membuka posko-posko PPDB. Lokasinya di SMA/SMK negeri peserta PPDB dan kantor Cabdindik di Bakorwil Madiun.

Kresna Herlambang mengimbau kepada calon peserta didik baru untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan pendaftaran.

"Selain itu juga harus memperhitungkan pilihan secara tepat. Sebab, sekali mendaftar, berkas tidak dapat ditarik lagi," kata dia tegas.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Tokopedia

Sumber : Antara