Kurma di Madiun Laris Manis saat Ramadan, Harga Naik hingga Rp10.000/Kg

Pedagang kurma di Pasar Besar Madiun, Mardiyah, menata barang dagangannya, Sabtu (26/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
26 Mei 2018 21:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pedagang kurma di Madiun meraup untung saat Ramadan tiba. Harga buah yang rasanya manis itu pun mengalami kenaikan hingga mencapai Rp10.000/kg.

Seorang pedagang kurma di Pasar Besar Madiun, Mardiyah, mengatakan ada peningkatan permintaan buah kurma sejak puasa Ramadan hari pertama. Dalam sehari dirinya bisa menjual sampai 20 kg kurma dari berbagai jenis.

Jumlah permintaan kurma ini diperkirakan mengalami kenaikan pada saat menjelang Lebaran nanti. "Ada peningkatan sekitar 100% dari hari biasa. Pada hari biasa permintaannya hanya sekitar 10 kg, sejak awal puasa mencapai 20 kg per hari," terang dia, Sabtu (26/5/2018).

Dia menuturkan harga semua jenis kurma sejak Ramadan juga mengalami kenaikan. Dia mencontohkan kurma biasa yang seharga Rp30.000 saat ini dijual dengan harga Rp40.000/kg.

Kurma jenis Tunisia yang biasanya dijual dengan harga Rp50.000/kg, saat ini dijual dengan harga Rp60.000/kg.

"Paling banyak yang dibeli masyarakat jenis medium dan yang biasa," ujar dia.

Selain buah kurma, kata Mardiyah, sejumlah makanan kaleng juga banyak diburu masyarakat. Dia mengaku menambah stok barang dagangan pada saat menjelang Lebaran nanti.

"Iya makanan kalengan seperti wafer, roti, nastar, itu banyak dibeli warga. Biasanya mau dibuat parsel Lebaran," ujar dia.

Pedagang kurma di Pasar Besar Madiun lainnya, Supardi, juga mengatakan hal senada. Dia menyampaikan ada kenaikan penjualan kurma sejak hari pertama puasa.

"Ada peningkatan penjualan kurma. Kalau dibandingkan hari biasa, ya jauh lah. Banyak sekarang," jelas dia. 

Tokopedia