Puskesmas Manguharjo Madiun Jadi Kandidat Puskesmas Berprestasi Jatim

Ilustrasi puskesmas (JIBI/Dok)
26 Mei 2018 03:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kota Madiun kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Puskesmas Manguharjo yang berada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun tahun 2018 ini berhasil masuk nominasi sebagai puskesmas berprestasi di Jatim.

Ketua Tim Penilai Puskesmas Berprestasi Kategori Perkotaan dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, Lili Aprilianti, di Madiun, Kamis (24/5/2018), mengatakan kegiatan penilaian puskesmas berprestasi tersebut mengacu pada Permenkes Nomor 24 tahun 2014.

Di mana, tiap puskesmas yang sudah berdiri dan teregistrasi akan dinilai setiap tahun dalam Puskesmas Berprestasi. Menurut dia, penilaian dilakukan tidak hanya dari bidang pelayanan kesehatan.

Penilaian, ungkap Lili Aprilianti, juga dilihat dari segi program promosi kesehatan, kesehatan ibu-anak dan gizi, penyakit menular dan tidak menular, serta program kesehatan lingkungan.

"Karena itu penilaian juga melibatkan tim penilai dari lintas program yang ada di provinsi," ujar Lili saat penilaian di Madiun.

Ia menjelaskan penilaian dilakukan secara berjenjang. Dimulai dari kota/kabupaten, kemudian naik ke tingkat provinsi dan yang tertinggi adalah penilaian skala nasional.

Dalam penilaian tersebut, Puskesmas Manguharjo harus berhadapan dengan dua puskesmas pesaingnya. Yakni Puskesmas Mentikan di Mojokerto dan Puskesmas Turen di Kabupaten Malang. Dari tiga puskesmas tersebut akan dipilih satu terbaik yang mewakili Jatim ke tingkat pusat nantinya.

Kepala Puskesmas Manguharjo Yunie Ernawati mengatakan Puskesmas Manguharjo masuk sebagai nominator karena memiliki sejumlah program unggulan.

"Di antaranya adalah Polisi Kecil Kesehatan (Pocilkes) dan UBM (Upaya Berhenti Merokok) Arjuna. Tujuannya adalah untuk mengurangi perilaku merokok di dalam maupun luar rumah," tutur Yunie Ernawati.

Program Pocilkes juga mendukung upaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan Puskesmas Manguharjo. Pocilkes juga menjadi duta cuci tangan pakai sabun di lingkungan tempat tinggalnya dan sekolah.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara