Pemkab Trenggalek Galang Tanda Tangan Pakta Integritas Kepala OPD

Ilustrasi PNS (Istimewa/Setkab.go.id)
25 Mei 2018 17:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TRENGGALEK -- Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggalang tanda tangan pakta integritas bersama seluruh jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat. Pakta integritas diteken untuk mendorong peningkatan mutu layanan dan kinerja aparatur sipil negara (ASN) setempat.

Penandatangan pakta integritas sendiri telah dilakukan pada Selasa (22/5/2018) dengan melibatkan seluruh kepala OPD di Tulungagung.

"Pakta integritas ini diharapkan menjadi peneguh komitmen seluruh jajaran OPD untuk mengoptimalkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di sektor layanan publik," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Kusprigianto di Trenggalek, Jumat (25/5/2018).

Menurut dia, tolak ukur kinerja OPD seluruhnya akan terukur berdasar laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) yang dibuat setiap akhir tahun. LPPD memuat capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan pelaksanaan tugas pembantuan. 

Dalam konteks ini, pemerintah daerah mempunyai kewajiban menyetorkan LPPD setiap tahun kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri. "LPPD ini menjadi yang nanti kita gunakan sebagai bahan evaluasi," ujarnya.

Tindak lanjut ikrar kesetiaan dan komitmen penyelenggaraan pemerintahan secara optimal itulah yang kini rajin dikontrol Sekda Kusprigianto, dibantu sejumlah asisten sekda yang membidangi tupoksi masing-masing.

Ada alasan kuat Pemkab Trenggalek menggalang pakta integritas ASN-OPD. Selain memang sudah tugas pokok penyelenggaraan pemerintahan yang baik sesuai janji saat dilantik menjadi PNS/pejabat publik, Trenggalek baru saja meraih penghargaan prestasi dengan status kinerja "Sangat Tinggi Bintang 3".

"Ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan sekaligus sebuah tantangan berat bagi Pemkab Trenggalek untuk mempertahankan atau untuk terus meningkatkannya," kata Kusprigianto.

Namun, ia menampik prestasi menjadi dasar Pemkab Trenggalek menggalang pakta integritas.

"Sebenarnya yang utama bukanlah juara atau tidaknya suatu penyelenggaraan pemerintahan, namun yang perlu kita adopsi adalah semangat kompetisi untuk mencapai kinerja yang lebih baik, berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," tuturnya.

Kusprigianto berharap dengan penandatanganan ini bisa mempersatukan ASN ke dalam sebuah kehangatan hubungan kerja.

"Bisa bergandengan tangan menyatukan langkah dan saling menghormati, mampu mencapai kinerja pemerintah yang optimal sebagai satu kekuatan utuh untuk membawa Kabupaten Trenggalek melompat lebih jauh melampaui ekspektasi masyarakat," ujarnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

 

Tokopedia

Sumber : Antara