152.409 Surat Suara Pilgub Jatim 2018 Tiba di Kota Madiun

Ilustrasi surat suara (Bisnis/Dwi Prasetya)
23 Mei 2018 21:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Surat suara yang akan digunakan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 telah didistribusikan ke Kota Madiun dan diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Surat suara tersebut telah terdistribusi di KPU Kota Madiun pada tanggal 20 Mei 2018 oleh PT Pura Baru Utama, Kudus, Jawa Tengah," ujar pejabat penerima barang KPU Kota Madiun, Sumarsono, di Madiun, Rabu (23/5/2018).

Dia menerangkan jumlah surat suara Pilkada Jatim yang diterima KPU Kota Madiun mencapai 152.409 lembar yang tersimpan dalam 77 kotak kardus.

"Jumlah tersebut belum termasuk surat suara cadangan yang akan digunakan untuk pemilihan suara ulang (PSU)," katanya.

Sumarsono menjelaskan pendistribusian surat suara tersebut bergeser sehari dari jadwal yang direncanakan. Sesuai rencana, proses penyortiran, pelipatan, dan pengesetan dilakukan selama tiga hingga empat hari tanggal 23-26 Mei 2018.

Ketua KPU Kota Madiun Sasongko mengatakan kebutuhan kotak suara dan bilik suara untuk Pilkada Serentak tanggal 27 Juni 2018 tergolong sama, yakni 620 unit kotak suara dan 620 unit bilik suara.

Sesuai pemetaan, masing-masing TPS akan ada dua kotak suara dan dua bilik suara. Adapun dua kotak suara tersebut masing-masing untuk surat suara pilwali dan Pilgub Jatim.

Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara atau TPS mencapai 310 TPS yang tersebar di tiga kecamatan, termasuk dua TPS yang terdapat di Lembaga Pemasyarakatan (LP/Lapas) Kelas 1 Madiun dan LP Pemuda Madiun.

Selain kotak dan bilik suara, KPU Kota Madiun juga melakukan pengadaan sejumlah logistik pilkada lainnya yakni  alat coblos, tinta, formulir, stiker segel, gembok,sampul, dan lainnya.

KPU setempat menargetkan, pengadaaan logistik tersebut akan selesai sebelum Lebaran, sehingga jika terdapat kekeliruan atau kekurangan dapat segera diperbaiki.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara