280 Surat Suara Pilkada Kota Madiun Rusak, KPU Minta Ganti

Ilustrasi surat suara pemilihan umum. (Bisnis/Dwi Prasetya)
22 Mei 2018 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 280 lembar dari 152.904 surat suara untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Madiun 2018 rusak. Kerusakan surat suara itu didominasi sobek dan ada bintik hitam di gambar pasangan calon (paslon).

Kerusakan surat suara itu diketahui saat petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Surat suara tersebut diterima KPU pada Rabu (9/5/2018) dan selesai disortir pada Minggu (20/5/2018).

Komisioner KPU Kota Madiun Divisi Logistik, Wisnu Wardhana, mengatakan KPU Kota Madiun telah menerima surat suara Pilwakot sebanyak 152.904 lembar. Dari surat suara yang telah diterima, ada sebanyak 280 surat suara rusak. Kerusakan surat suara sebagian besar pada ujung kertas sobek dan ada bintik hitam di gambar pasangan calon.

Dengan kerusakan ini, kata dia, KPU Kota Madiun akan segera menyampaikan ke percetakan yang ada di Solo dan meminta ganti surat suara. 

"Kita mintakan ke penyedia jasa untuk penggantian. Kita kan penginnya surat suaranya itu sempurna," kata dia kepada wartawan, Selasa (22/5/2018).

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, menyampaikan jumlah surat suara yang diterima KPU telah disesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan ditambah 2,5% per TPS sebagi surat suara cadangan. Penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan wali kota dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu (18-20/5/2018).

Petugas KPU juga akan melakukan pemyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pilgub Jatim pada Rabu (23/5/2018). "Kemungkinan pelaksanaanya dua sampai tiga hari. Kalau surat suara Pilgub itu lebih kecil dibandingkan Pilwakot. Karena palsonnya hanya dua," ujar dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia