Wali Kota Madiun di Peringatan Harkitnas: Jangan Sebar Berita Hoaks!

Pasukan pengibar bendera mengibarkan sang saka merah putih saat peringatan Harkitnas di halaman Balai Kota Madiun, Senin (21/5 - 2018). (Istimewa/Pemkot Madiun)
22 Mei 2018 13:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2018 menjadi momen mempersatukan anak bangsa. Momen ini juga menjadi pengingat supaya masyarakat tidak memanfaatkan perkembangan digital untuk memproduksi dan menyebarkan berita bohong dan hoaks yang bisa memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal itu disampaikan Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, saat peringatan Harkitnas 2018 dengan tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Fondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital yang digelar di halaman Balai Kota Madiun, Senin (21/5/2018).

Dia menyampaikan teknologi informasi cukup berperan dalam berbagai aspek kehidupan di era milenial seperti sekarang. Di tengah teknologi yang semakin berkembang tentunya perlu sumber daya manusia yang mumpuni agar manfaat yang dihasilkan optimal.

‘’Tema ini dapat dimaknai sebagai upaya mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri, khususnya di bidang teknologi,’’ kata Sugeng saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI di peringatan Harkitnas.

Menurut dia, generasi milenial terpapar perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini bisa menjadi ancaman jika ditanggapi secara pasif. Masyarakat akan jauh tertinggal dan sulit mengejar.

Sebaliknya, jika masyarakat bisa memanfaatkan kemajuan teknologi digital dengan baik tentu akan menjadi berkah. ‘’Sumber daya manusia ini menjadi penting. Makanya, ini yang harus diperkuat,’’ jelasnya.

Sugeng mengingatkan masyarakat tidak hanya lihai memanfaatkan teknologi untuk mengumpulkan pendapatan. Masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan dan tidak menggunakan teknologi digital untuk menyebar konten yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.

Pemerintah Kota Madiun terus berupaya meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bidang IT. Hal itu dimulai dari pemberian fasilitas di tingkat sekolah dasar hingga aparatur sipil negara.

‘’Melalui momentum Harkitnas ini, seluruh pemerintah daerah diminta memanfaatkan IT dalam meningkatkan kapasitas SDM. Begitu juga di Kota Madiun. Pemkot terus berupaya mewujudkan itu,” ujarnya sembari menyebut ASN wajib selalu bekerja dan melaksanakan tugas berdasarkan koridor yang telah ditentukan.



Tokopedia