Warga Madiun Ingin Tambah Penghasilan? Ikut Program RPK Bulog!

Kepala Bulog Sub Divre IV Madiun, Heriswan, menunjukkan sejumlah produk Bulog di kantor Bulog Madiun, Kamis (10/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
19 Mei 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Perum Bulog menawarkan kerja sama kepada masyarakat untuk menjadi sahabat Rumah Pangan Kita (RPK). Model kerja sama ini dengan menjual produk-produk Bulog  seperti beras, gula, tepung, dan minyak goreng dengan harga kompetitif.

Kepala Bulog Sub Divre IV Madiun, Heriswan, mengatakan saat ini Bulog memiliki program kreasi RPK yaitu program yang mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjadi agen penjual produk Bulog. Hingga kini sudah ada 200 sahabat atau mitra RPK Bulog di Kota Madiun maupun Kabupaten Madiun.

"Kami mengajak masyarakat yang ingin menjadi sahabat RPK untuk ikut program ini," kata dia saat dihubungi Madiunpos.com, Sabtu (19/5/2018).

Heriswan menyampaikan untuk menjadi sahabat RPK syaratnya mudah, cukup mendaftar ke Bulog dengan menunjukkan KTP dan surat rekomendasi izin dari pengurus RT tempat tinggal. Selain itu harus melakukan deposit uang senilai Rp2 juta. Uang ini nanti diganti dengan produk-produk Bulog  senilai uang tersebut.

Produk-produk yang bisa dijual yaitu beras, minyak goreng, gula pasir, dan tepung. Bagi sahabat RPK nantinya diberikan rak penjualan khusus untuk berjualan di rumah.

Keuntungannya yaitu barang yang dijual memiliki harga lebih murah dan ada selisih harga sebagai keuntungan sahabat RPK. "Harganya ada selisih sampai Rp500 per kg dibandingkan harga di pasaran. Sedangkan harga beli dari Bulog  ada selisihnya sebagai keuntungannya," jelas dia.

Menurut dia, program RPK ini sangat bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang di rumah ingin berjualan kebutuhan pokok seperti beras. Model bisnis ini juga cocok untuk menambah penghasilan. Kalau barang dagangan habis, nantinya Bulog yang akan mengirim langsung ke rumah.

"Kualitas barang sama seperti lainnya seperti minyak goreng maupun gula pasir kami ada distributor dari pusat yang memasoknya," terang dia.



Tokopedia