Beras Kemasan 3 Kg di Bojonegoro Laku Keras

Ilustrasi zakat fitrah. (Solopos/Nicolous Irawan)
19 Mei 2018 07:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Memasuki Bulan Ramadan, para pedagang kebutuhan pokok di Bojonegoro, Jawa Timur, menjual beras untuk zakat fitrah dengan takaran 3 kilogram seharga Rp34.800/paket. Hal itu untuk menyesuaikan dengan kebijakan Dinas Pendidikan setempat yang menginstruksikan beras zakat fitrah 3 kilogram.

Seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Kharis, di Bojonegoro, Kamis (17/5/2018), menjelaskan penjualan beras zakat fitrah 3 kilogram sudah dilakukan sejak Hari Raya Idulfitri tahun lalu.

"Beras zakat fitrah seberat 3 kilogram mulai ada tahun lalu, berdasarkan instruksi dinas pendidikan ke sekolah-sekolah," ujarnya. Menurut dia, pedagang beras di Bojonegoro dan kabupaten tetangga, Tuban, membuat kemasan beras zakat fitrah seberat 3 kilogram.

Pedagang beras di Bojonegoro lainnya, Indah, menjelaskan beras kemasan 3 kilogram dan 2,5 kilogram sudah laku sejak sebelum Puasa Ramadan.

"Beras zakat fitrah yang laku jumlahnya ratusan paket. Pembelinya masyarakat biasa yang kemudian dibagikan kepada warga tidak mampu," ucap Indah yang diamini Kharis.

Kharis mengakui memiliki stok beras zakat fitrah mencapai 10 ton, dan sekarang ini sudah terjual kurang lebih sekitar 2 ton.

Menurut Kharis, harga beras zakat fitrah tidak jauh berbeda dengan beras yang dijual bebas. Perbedaannya harga beras zakat fitrah dikemas 2,5 kilogram dan 3 kilogram.

 "Penjualan harga beras zakat fitrah akan meningkat kalau Puasa Ramadan sudah masuk pertengahan," ujar Kharis.

Data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota, menyebutkan beras merek Raja Lele kemasan 2,5 kilogram harganya Rp23.000/paket, berat 3 kilogram Rp27.500/paket, beras merek Terate 2,5 kilogram Rp29.000/paket dan 3 kilogram Rp34.800/paket, sedangan beras merek Kamboja 2,5 kilogram 25.500/paket.

Di dua pasar tradisional itu, sesuai data harga beras kualitas premium berkisar Rp8.500-Rp9.000/kilogram, harga beras rastra Rp7.300/kilogram.

"Kami juga melayani pembeli beras zakat fitrah yang hanya dikemas dengan plastik biasa dengan harga menyesuaikan dengan kualitas beras yang ada," ucap pedagang beras lainnya di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Aris.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tokopedia

Sumber : Antara