PMI Bojonegoro Optimistis Stok Darah 1.029 Kantong Cukup untuk Ramadan

Aksi pendonoran darah (Bisnis/Dwi Prasetya)
17 Mei 2018 01:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, per Selasa (15/5/2018), memiliki stok darah 1.029 kantong, di antaranya sebanyak 133 kantong masuk darah cadangan. Dengan kondisi itu, PMI Bojonegoro optimistis kebutuhan darah selama Puasa Ramadan aman.

"Selama Puasa Ramadan stok darah aman, sebab stok darah yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan darah sejumlah rumah sakit milik pemerintah kabupaten (pemkab) juga swasta selama dua pekan," kata Pejabat Humas PMI Bojonegoro Ali Syafa'at, di Bojonegoro, Selasa.

Tokopedia

Dia menyebutkan kebutuhan dari dari sejumlah rumah sakit di daerahnya rata-rata mencapai 2.000 kantong per bulan. Meskipun stok darah hanya 1.029 kantong, tapi selama Puasa Ramadan juga ada kegiatan donor darah untuk menambah stok darah.

Ali Syafa'at memerinci sebanyak 1.029 kantong darah itu terdiri atas golongan A 161 kantong, B 391 kantong, AB 42 kantong, dan O 382 kantong.

"Sebanyak 133 kantong darah yang cadangan itu, sebab belum kami periksa terkait keamanan dari kemungkinan pendonor memiliki penyakit tertentu," ucapnya.

Meskipun stok darah yang tersedia hanya cukup dua pekan, pihaknya, selama Ramadan memiliki berbagai program untuk menambah stok darah, sebab biasanya pendonor lesu.

"Selama Puasa Ramadan biasanya pendonor darah enggan melakukan donor darah. Tapi kami akan melakukan berbagai langkah agar pelaksanaan donor darah tetap berjalan seperti biasanya," ujarnya.

Program yang akan dilaksanakan mulai mengirimkan surat kepada berbagai lembaga pemerintah juga swasta agar bersedia melakukan donor darah.

Selain itu, petugas PMI dengan mobil unit donor darah akan berkeliling ke masjid-masjid untuk melaksanakan donor darah bagi para jamaah Salat Tarawih dan menyiapkan satu mobil donor darah yang siaga di seputaran alun-alun juga menerima pendonor darah.

"PMI dengan mobil unit donor darah akan berkeliling melayani masyarakat yang ingin donor darah," ucapnya.

 

Sumber : Antara