1.000 Ambengan Disajikan untuk Sambut Ramadan di Magetan

Warga mengikuti Megengan Agung menyambut Ramadan di Desa Kledokan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Rabu (16/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
16 Mei 2018 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Seribuan warga Desa Kledokan, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, mengikuti Megengan Agung di Masjid Baitul Mutaqin desa setempat, Rabu (16/5/2018) sore. Megengan Agung dilaksanakan untuk menyambut bulan Ramadan atau awal puasa Kamis (17/5/2018).

Pantauan Madiunpos.com, ratusan warga berduyun-duyun ke jalanan dengan membawa ambengan atau makanan. Ada sekitar 1.000 ambengan yang dibawa warga. Kemudian ambengan tersebut ditata memanjang hingga mencapai puluhan meter.

Tokopedia

Makanan yang disediakan beragam, ada nasi dengan berbagai lauk dan sayuran, kue, buah-buahan, dan makanan lainnya. Setelah doa bersama, seluruh warga yang hadir menyantap makanan yang telah disediakan.

Seorang warga Desa Kledokan, Marheningsih, mengatakan acara Megengan Agung baru kali pertama digelar. Biasanya acara penyambutan Bulan Suci Ramadan hanya digelar secara sederhana di musala dan masjid masing-masing.

Dia menuturkan acara ini digelar untuk menyambut kedatangan Ramadan dan menyiapkan diri untuk melaksanakan puasa wajib. "Ini baru pertama kali. Biasanya di musala saja," ujar dia.

Warga lainnya, Parmi, mengatakan senang dengan kegiatan ini karena bisa menjadi ajang silaturahmi antarwarga. Dia menyampaikan biasanya kegiatan megengan digelar di musala masing-masing. Namun tahun ini digelar secara bersama-sama satu desa.

Sekretaris PCNU Kabupaten Magetan, Sudarto, mengatakan Megengan Agung untuk menyambut kedatangan Ramadan. Di acara megengan ini ada acara kenduri bersama dengan menyiapkan 1.000 ambengan.

Dia menuturkan acara ini menjadi bentuk ekspresi kebahagiaan warga terhadap datangnya bulan Ramadan. "Ini supaya umat Islam lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa selama Ramadan," jelas dia.