3.300 Botol Miras Dilindas Alat Berat di Kota Kediri

Ilustrasi pemusnahan minuman keras (miras). (Harian Jogja/Desi Suryanto)
16 Mei 2018 17:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI -- Menjelang Ramadan 1439 Hijriah, Kepolisian Resor (Polres) Kota Kediri, Jawa Timur, memusnahkan ribuan botol minuman keras berbagai merek, dengan cara dilindas menggunakan alat berat, Rabu (16/5/2018).

Kepala Polres Kota Kediri AKBP Anthon Haryadi mengemukakan pemusnahan itu merupakan upaya penanggulangan peredaran dan penyalahgunaan minuman keras ilegal termasuk oplosan yang mengakibatkan banyak korban.

Tokopedia

Dalam kegiatan itu, lebih dari 3.300 botol minuman keras dimusnahkan. Ada pula 39 jerigen berisi lebih dari 3.000 liter arak jowo. Selain minuman keras, petugas juga memusnahkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 2,28 gram dan dobel l lebih dari 14.000 pil.

"Pemusnahan ini hasil Operasi Tumpas Narkoba selama 10 hari yang dilanjutkan dengan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (K2YD)," kata Anthon Haryadi di Kediri, Rabu.

Pejabat sementara Wali Kota Kediri Jumadi yang juga hadir dalam acara pemusnahan miras dan narkoba mengatakan dalam memberantas serta menekan berbagai macam narkoba memang seharusnya dilakukan upaya preventif yang melibatkan berbagai macam sektor.

"Upaya preventif peredaran ilegal minuman keras dan narkoba adalah tugas semua, bukan hanya dari Pemkot, DPRD Kota Kediri, tapi semua. Banyak anak-anak SMA dan inilah generasi ke depan harus dididik sesuai tujuan negara kita," ujarnya.

Ia menambahkan upaya yang bisa dilakukan dalam preventif itu bisa berbagai cara, seperti mengenali lebih awal di lingkungan kecil, termasuk tingkat RT, RW.

Jumadi menambahkan peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk lebih memahami lingkungan, sehingga bisa dicegah sejak dini jika ada penyalahgunaan obat berbahaya dan minuman keras di lingkungan.

Dalam kegiatan itu di Mapolresta Kediri tersebut, selain dihadiri Pjs Wali Kota Kediri, juga dari BNN Kota Kediri, Kejaksaan Negeri Kediri, tokoh masyarakat, tokoh agama di Kota Kediri, dan berbagai tamu undangan lainnya. Mereka juga turut serta berkomitmen untuk menolak peredaran obat terlarang dan minuman keras.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara