Ada Napi Teroris, LP Madiun Dijaga Ketat Pasca Kerusuhan Rutan Mako Brimob

Petugas Polres Kota Madiun berjaga di pintu gerbang masuk LP/Lapas Kelas 1 Madiun, Kamis (10/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
11 Mei 2018 15:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Penjagaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP/Lapas) Kelas 1 Madiun diperketat menyusul peristiwa kerusuhan dan penyanderaan di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Salemba di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Di LP Madiun ada lima narapidana kasus terorisme yang masih menjalani masa hukuman.

Beberapa instansi penegak hukum di Kota Madiun seperti Polres Madiun Kota, Kodim Madiun, dan Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur juga semakin intens menyambangi LP Kelas 1 Madiun yang ada di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Kepala LP Kelas 1 Madiun, Suharman, mengatakan di LP tersebut ada lima napi teroris yang sedang menjalani hukuman. Yakni dua napi dengan masa hukuman seumur hidup, satu napi dengan masa hukuman enam tahun, satu napi dengan masa hukuman 8 tahun, dan satu napi dengan masa hukuman 12 tahun penjara.

"Sementara ini kondisi di Lapas Kelas 1 Madiun kondusif," ujar dia kepada wartawan, Kamis (10/5/2018).

Dia menyampaikan untuk keamanan Lapas saat ini telah di back up tim dari Polres Madiun Kota, Kodim Madiun, Satuan Brimob Polda Jatim, dan instansi penegak hukum lainnya.

"Untuk antisipasi berbagai kemungkinan, kami sudah berkoordinasi dengan Kapolresta, Kodim, Mako Brimob. Mereka selalu menyambangi kita. Tadi malam mereka menyambangi kita," jelas Suharman.

Lebih lanjut, untuk keamanan kelima napi teroris tersebut dipisah satu dengan lainnya. Dia mengaku selama ini petugas juga terus menjaga komunikasi dengan para napi teroris ini.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu, menyampaikan kepolsian hanya membackup keamanan di Lapas Kelas 1 Madiun. Untuk pengamanan Lapas sudah disesuaikan dengan SOP yang ada di Lapas.

"Kita membackup saja. Kita sesuai dengan SOP Lapas," ujar dia saat menyambangi Lapas Kelas 1 Madiun, Kamis siang. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya