Wanita Kediri Diharapkan Melek Teknologi Namun Tetap Jaga Silaturahmi

Logo Iwapi (Bisnis.com)
05 Mei 2018 03:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI -- Kaum perempuan di Kota Kediri diharapkan melek teknologi, sehingga bisa berdikari dengan mendirikan usaha. Namun demikian Kaum Hawa juga diminta tetap menjaga tradisi silaturahmi, antihoaks, dan antinarkoba.

"Iwapi [Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia] DPD Provinsi Jatim dan DPC Kota Kediri telah memberikan kontribusi nyata dalam memotivasi kaum perempuan untuk berdikari dengan mendirikan usaha. Tentu hal ini tidak hanya bermanfaat bagi kepentingan pribadi dan keluarganya, namun juga lingkungan sekitar," kata Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi di Kediri, Kamis (3/5/2018).

Jumadi yang memberikan sambutan dalam pelantikan DPC Iwapi Kota Kediri di salah satu rumah makan setempat menyebut Iwapi adalah kartini-kartini zaman now atau kartini 4.0. Dia berharap Iwapi bisa menjadi motor penggerak antihoaks dan antinarkoba.

Pjs Wali Kota Kediri Jumadi juga menjelaskan kondisi ekonomi di Kediri cukup baik. Sekitar 99 persen kegiatan ekonomi didominasi oleh peran ibu-ibu, sedangkan untuk government atau pemerintahan hanya sekitar 1% saja.

"Ekonomi dalam negeri saat ini cukup baik. Jawa timur memiliki size ekonomi yang cukup tinggi sekitar Rp2.019 triliun dan di Kediri sekitar Rp144 triliun. Apabila dirasiokan antara pemerintah dengan apa yang dihasilkan masyarakat adalah sekitar 0,84% artinya, yang bermain penting dalam hal ini adalah ibu-ibu Iwapi dan pengusaha secara keseluruhan 99% dimainkan oleh ibu-ibu," ujarnya.

Ia juga menambahkan, berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan wanita masih rendah sekitar 35%.

"Inilah tantangan terbesar untuk Ketua DPC Iwapi Kota Kediri Ketua DPD Iwapi Provinsi Jawa Timur agar dapat bekerja sama dengan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan," katanya.

Selain Pjs Wali Kota Kediri, acara itu juga dihadiri juga sejumlah kepala OPD Kota Kediri, Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Jawa Timur Suswati Rahmawati, Ketua Kadin Kota Kediri Solikhin dan perwakilan GOW Kota Kediri

Dalam acara ini Pjs Wali Kota yang juga menjabat sebagai Kepala BPKAD Provinsi Jawa Timur beserta Ketua Umum DPD IWAPI Jawa Timur, Rahmawati melantik dan mengukuhkan 19 pengurus.

Tokopedia

Sumber : Antara