Lantik Pj Bupati Tulungagung dan Nganjuk, Begini Pesan Pakde Karwo

ilustrasi mutasi pejabat. (Solopos/Dok)
04 Mei 2018 23:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Jarianto dilantik menjadi Pj Bupati Tulungagung sedangkan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jatim Sujono disahkan sebagai Pj Bupati Nganjuk. Pelantikan kedua pejabat itu dipimpin Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (4/5/2018).

 "Saya ucapkan selamat kepada kedua penjabat bupati dan jalankan amanat ini sesuai peraturan," ujar Soekarwo. Pakde Karwo, sapaan akrabnya, berpesan kepada kedua Pj Bupati untuk selalu menjaga kenetralan sebagai aparatur sipil negara (ASN) dalam Pilkada serentak 2018, termasuk sekretaris daerah setempat sebagai pejabat tertinggi di birokrasi.

Dia menuturkan kenetralan akan membangun demokrasi yang bersih, jujur, netral, adil dan damai.

Untuk menyukseskan Pilkada serentak memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati di Tulungagung dan Nganjuk, Pakde Karwo berharap pejabat yang baru dilantik selalu berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta DPRD setempat.

"Apabila hubungan eksekutif dan legislatif lancar dalam merumuskan kebijakan maka langkah selanjutnya dalam berkoordinasi dengan Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama juga akan lebih mudah," katanya.

Masa jabatan Bupati Nganjuk yang saat ini dijabat Plt Bupati Abdul Wahid Badrus telah habis, begitu juga dengan Bupati-Wakil Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo.

Di kedua daerah tersebut, pada 27 Juni 2018 akan digelar Pilkada untuk memilih Bupati-Wakil Bupati, rinciannya untuk Pilkada Nganjuk pasangan calonnya adalah Novi Rahman Hidayat-Marhaen Djumadi, Siti Nurhayati-Bimantoro Wiyono dan Desy Natalia Widya-Ainul Yakin.

Sedangkan untuk Pilkada Tulungagung yang akan bertarung adalah pasangan Margiono-Eko Prisdianto serta pasangan petahana, Syahri Mulyo-Maryoto Birowo.

Tokopedia

Sumber : Antara