2.300 Pendaftar Berebut 96 Kursi Mahasiswa Program Pembibitan API Madiun

Logo Akademi Perkeretaapian Indonesia (edunews.id)
04 Mei 2018 17:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Jumlah pendaftar mahasiswa program pola pembibitan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) mencapai 2.300 orang. Padahal kursi yang disediakan hanya 96 orang khusus untuk pola pembibitan itu.

API Madiun merupakan satu-satunya lembaga pendidikan dan pelatihan di bawah Kemenhub yang khusus untuk di bidang perkeretaapian. API Madiun beralamat di Jl. Tirta Raya, Manguharjo, Kota Madiun.

Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan API, Rachmat Sadili, mengatakan mulai tahun 2018 API Madiun mendapatkan jatah sebanyak 96 kursi untuk program pola pembibitan dari Kemenhub. Nantinya lulusan dari program pola pembibitan ini akan langsung jadi PNS di Kemenhub Direktorat Perkeretaapian.

"Untuk program pola pembibitan, API hanya mendapat jatah 96 kursi. Itu seluruh biaya dari pemerintah. Itu gratis semua," kata dia kepada Madiunpos.com, Jumat (4/5/2018)

Dia menuturkan untuk pendaftaran program pola pembibitan terakhir tanggal 30 April 2018. Jumlah pendaftar program ini mencapai 2.300 orang.

Selain membuka program pola pembibitan, kata Sadili, API Madiun juga membuka pendaftaran untuk program reguler. Namun, API hanya menyediakan koata sebanyak 96 untuk masing-masing program studi.

Pembatasan diberlakukan karena jumlah ruangan dan asrama untuk mahasiswa di kampus tersebut juga terbatas. Sejauh ini sudah ada 119 lulusan API Madiun yang sudah diterima di berbagai perusahaan seperti PT KAI, PT Inka, PT IMS, dan lainnya.

"Bahkan MRT Jakarta itu sudah mulai membuka lowongan pekerjaan saat mahasiswa masih semester V. Sehingga setelah lulus bisa langsung kerja," jelas dia.

Untuk program reguler pendaftaran mulai dibuka pada 1 Mei hingga 30 hari ke depan. Ada empat program studi di API yaitu prodi DIII Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, prodi DIII Teknik Mekanika Perkeretaapian, prodi DIII Teknik Elektro Perkeretaapian, dan prodi DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya