Pemkot Madiun Siapkan Rp2 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa

Ilustrasi menghitung uang rupiah. (Bisnis/Abdullah Azzam)
04 Mei 2018 09:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dana sebesar Rp2 miliar siap digelontorkan untuk beasiswa pendidikan bagi warga kurang mampu Kota Madiun yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi melalui program Bantuan Beasiswa Mahasiswa (BBM).

Melalui program BBM, Pemkot Madiun akan membiayai perkuliahan calon mahasiswa yang telah lulus seleksi hingga meraih gelar sarjana. Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto, di Madiun, Kamis (3/5/2018), mengatakan pada tahun ini Pemkot Madiun memberikan beasiswa sebesar Rp750.000 per bulan bagi anak-anak yang lolos seleksi beasiswa.

Tak hanya di perguruan tinggi negeri, beasiswa juga berlaku bagi mereka yang masuk perguruan tinggi swasta. "Mulai tahun ini kami berikan juga bagi mereka yang masuk di swasta. Sebelumnya hanya untuk anak yang kuliah di perguruan tinggi negeri," ujar Rusdiyanto.

Sesuai data, jumlah anggaran beasiswa pendidikan tinggi tersebut naik. Dimana tahun 2017 hanya dianggarkan sebanyak Rp1,4 miliar dengan besaran Rp500.000 per bulan. Sedangkan tahun ini naik menjadi Rp2 miliar dengan bantuan Rp750.000 tiap bulannya.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, tentu saja calon penerima harus lolos seleksi terlebih dahulu. Adapun untuk syarat pendaftaran bisa dilihat di Dinas Pendidikan. Rusdiyanto menambahkan pemberian bantuan beasiswa mahasiswa tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkot Madiun dalam meningkatkan layanan pendidikan di wilayah setempat. 

Terlebih, Pemkot Madiun saat ini juga telah menginisiasi berdirinya kampus negeri. Yakni, Politeknik Negeri Madiun (PNM) dan Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di wilayah tersebut.

Ia menjelaskan, PNM dan API bukan saingan bagi perguruan tinggi lain yang lebih dulu berdiri di Kota Madiun. Melainkan, sebagai pelengkap dan saling mengisi satu sama lain. "Dengan semakin majunya pendidikan, maka kota dan penduduknya akan menjadi lebih baik," katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap warga Kota Madiun terus mendorong anak-anaknya yang berprestasi namun terkendala biaya saat akan kuliah di perguruan tinggi sehingga bisa memanfaatkan program BBM.

Tokopedia

Sumber : Antara