Omzet Pedagang Naik, Harga Daging Sapi di Bojonegoro Stagnan

Ilustrasi daging sapi (Bisnis/Deliana Pradhita Sari)
02 Mei 2018 11:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Omzet pedagang daging sapi di Pasar Kota Bojonegoro akhir-akhir ini hampir semuanya meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan dalam kondisi normal. Kondisi itu disebabkan banyak masyarakat yang menggelar hajatan menjelang Ramadan 1439 H.

Koordinator Pedagang Daging Sapi di Pasar Kota, Bojonegoro Agus Hariyanto di Bojonegoro, Selasa (1/5/2018), mengatakan meskipun omzet penjualan pedagang meningkat, harga daging sapi tidak naik, karena banyak jagal yang melakukan penyembelihan sapi potong. Dengan mencukupi stok sapi di jagal juga pedagang sapi, mengakibatkan harga daging sapi sulit naik.

"Stok sapi di pedagang juga jagal sapi mencukupi, ya harga daging sapi tidak bisa naik," ujar Agus Hariyanto.

Dia menambahkan harga daging sapi masih stabil di angka Rp96.000-Rp100.000/kilogram tidak terpengaruh meningkatnya permintaan menjelang Ramadan sejak dua pekan terakhir.

"Harga daging sapi stabil rata-rata pedagang menjual Rp96.000/kilogram, tapi ada pedagang di pasar yang menjual dengan harga Rp100.000/kilogram," kata Agus Hariyanto.

Agus mengaku bisa menjual hampir dua ekor sapi, yang biasanya hanya satu ekor sapi sejak tiga pekan terakhir. Hal yang sama juga dialami para pedagang daging sapi di pasar setempat yang jumlahnya belasan juga mengalami peningkatan omzet penjualan daging sapi.

"Omzet daging sapi akan menurun masuk Puasa. Tapi pertengahan Puasa omzet akan naik lagi, bahkan harga akan merangkak naik," ujar Siti Muasnah, pedagang daging Pasar Kota Bojonegoro.

Mengenai peningkatan harga, ia memperkirakan bisa mencapai Rp20.000 per kilogramnya menjelang Hari Raya Idulfitri.

Data di pasar tradisional setempat menyebutkan jumlah sapi yang disembelih yang kemudian dipasarkan di pasar setempat rata-rata sekitar 19 ekor/hari.

Informasi di Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Bahan Pokok di Bojonegoro menyebutkan di Pasar Kota dan Banjarjo, harga daging sapi murni Rp100.000/kilogram.

Tokopedia