Goreng Tempe Berujung Kebakaran, 2 Lansia Madiun Selamat

Kondisi dapur di rumah Sahli yang terbakar pada Selasa (1/5/2018). (Abdul Jalil - Madiunpos.com)
01 Mei 2018 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Rumah yang dihuni dua orang lanjut usia (lansi) di RT 006/RW 002, Kelurahan Josenan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, terbakar pada Selasa (1/5/2018) pagi. Kebakaran itu diduga karena pemilik rumah lupa memadamkan api tungku kayu bakar sehabis dipakai menggoreng tempe.

Kebakaran yang menimpa rumah Sahli, 80, itu terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Saat itu pemilik rumah sedang berada di luar dan tungku kayu bakar sedang menyala. Tidak ada korban meninggal maupun luka-luka dalam kebakaran ini.

Seorang saksi mata, Sugiman, 45, mengatakan saat itu dia sedang berada di dekat lokasi. Tiba-tiba dia melihat asap dan api yang membubung tinggi. Sugiman kemudian langsung berteriak meminta tolong.

"Saya lihat ada api di rumah bagian dapur kemudian langsung berteriak minta tolong," kata dia kepada wartawan.

Sugiman menuturkan saat itu pemilik rumah sedang menggoreng tempe di tungku kayu bakar di dapur. Pemilik rumah kemudian meninggalkan dapur dan duduk di teras rumah. Saat ditinggal tungku kayu bakar masih menyala.

Diduga kayu bakar itu semakin membesar dan membakar  tumpukan kayu bakar di dapur rumah. "Kemungkinan api bersumber dari kayu bakar yang masih membara untuk menggoreng tempe," ujar dia.

Kobaran api di dapur rumah Sahli akhirnya bisa dipadamkan setelah dua unit pemadam kebakaran  terjun untuk memadamkan api. Hampir seluruh dapur rumah itu ludes dilalap si jago merah.

Kapolsek Taman, Kompol Agus Suhariyono, mengatakan rumah tersebut selama ini ditempati dua orang lanjut usia. "Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Pemilik rumah selamat," kata dia.