Bencana Ponorogo: Pohon Beringin Roboh, Pagar SDN Tonatan dan Gedung Kelurahan Rusak

Ilustrasi pohon tumbang (Antara)
27 April 2018 12:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Solopos.com, PONOROGO – Sebuah pohon beringin yang diperkirakan berusia puluhan tahun di depan SD Negeri 2 Tonatan, Ponorogo, roboh, Kamis (26/4/2018) malam. Akibatnya pintu gerbang sekolah dan gedung balai kelurahan setempat rusak.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, mengatakan hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah kota Ponorogo sejak Kamis sore. Tiba-tiba pohon beringin yang berdiri di depan SDN tersebut roboh setelah diterjang angin kencang.

Pohon beringin roboh itu menimpa pintu gerbang sekolah dasar itu dan gedung kelurahan Tonatan. Pintu gerbang sekolah dan gedung kelurahan mengalami kerusakan.

"Pohon beringin yang cukup besar itu menimpa bangunan gedung kelurahan yang ada di depan SD," jelas dia saat dihubungi Madiunpos.com, Jumat (27/4/2018).

Budi menuturkan hingga Jumat pagi sukarelawan dan warga masih melakukan kerja bakti untuk membersihkan batang pohon yang melintang di depan SDN 2 Tonatan. Selain itu, warga dan sukarelawan juga bergotong royong memperbaiki gedung kelurahan yang mengalami kerusakan.

"Mulai tadi malam sudah bersih-bersih. Memotong pohon. Karena pohonnya besar, proses pembersihan sampai pagi ini," ujar dia.

Budi menyampaikan masyarakat Ponorogo untuk lebih berhati-hati dan waspada saat hujan deras dan angin kencang mengguyur. Terutama warga yang rumahnya berdekatan dengan pohon-pohon besar yang sekiranya sudah berusia tua. 

Tokopedia