Aksi Ini Bikin 100% Jembatan di Kota Madiun dalam Kondisi Baik

Ilustrasi jalan dan jembatan rusak (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
25 April 2018 01:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 118 jembatan yang ada di wilayah Kota Madiun diklaim dalam kondisi baik. Kondisi jembatan baik tersebut menyusul adanya pengecekan dan pemeliharaan yang rutin dilakukan oleh tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun,

 

"Hingga akhir 2017, dari 118 jembatan yang ada di Kota Madiun, semuanya dalam kondisi baik," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun Thoriq Megah kepada wartawan di Madiun, Selasa (24/4/20180.

Dia mengatakan pengecekan yang dipantau saat pemeliharaan rutin, di antaranya adalah dari segi sambungannya, fondasi, bantalan jembatan, pengecatan, dan pembersihan jembatan. Saat pemeliharaan berkala, di antaranya dilakukan peningkatan jembatan, yang meliputi penggantian fondasi ataupun penambahan lebar jembatan.

"Untuk peningkatan jembatan saat pemeliharaan berkala, salah satunya diperlukan penggantian fondasi dari bata menjadi beton ataupun diperlukan pelebaran untuk menyesuaikan kebutuhan," katanya.

Ia menyebutkan salah satu dari 118 jembatan yang baru saja dilakukan peninjauan oleh tim gabungan adalah Jembatan Branjangan yang berada di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Tim gabungan yang terlibat dalam peninjauan tersebut, di antaranya berasal dari Polres Madiun Kota, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun, Balai Besar Jalan Nasional 8 Jawa Timur, Dishub Kota Madiun, dan UPT Pengairan Provinsi Jawa Timur di Madiun.

Jembatan Branjangan ditinjau karena jembatan tersebut tergolong besar dan menghubungkan antarkota, yakni menghubungkan Kota Madiun dengan Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan. Peninjauan tersebut sebagai bentuk antisipasi musibah jembatan ambruk yang terjadi di Jembatan Widang, Tuban.

 

Tokopedia

Sumber : Antara